Airlangga Minta Pedagang Pasar Koordinasi Percepat Vaksinasi

Airlangga Minta Pedagang Pasar Koordinasi Percepat Vaksinasi
Menko Airlangga Hartarto. ©Lutfi/Humas Ekon
EKONOMI | 22 September 2021 12:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri meminta agar tagline 'Pedagang Sehat, Ekonomi Kuat' bisa diterapkan dan mendapatkan dukungan dari pemerintah. Khususnya untuk percepatan vaksinasi bagi para pedagang pasar.

"Tagline 'Pedagang Sehat, Ekonomi Kuat' dapat diterapkan di lapangan dan mendapat dukungan dari Pemerintah, terutama terkait percepatan vaksinasi bagi pedagang pasar," kata Abdullah dalam keterangan pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/9).

Berdasarkan data yang disampaikan IKAPPI, Indonesia memiliki lebih kurang 14.000 pasar tradisional dengan 12 juta pedagang yang terlibat.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta agar IKAPPI berkoordinasi langsung kepada Dinas Kesehatan, TNI atau Polri secara langsung. Sebab masing-masing instansi tersebut telah mendapatkan penugasan melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

"Jadi, pengelola pasar harus aktif berkoordinasi dengan pihak terkait agar bisa mendirikan sentra vaksinasi di pasar sehingga vaksinasi untuk pedagang pasar bisa dipercepat," kata Airlangga.

Selain itu, Airlangga meminta agar pengelola pasar juga menyediakan sarana swab antigen di setiap pasar tradisional. Sehingga bisa memonitor ada atau tidaknya virus Covid-19 di pasar.

"Pengelola pasar juga bisa menyediakan swab antigen di pasar untuk terus memonitor penyebaran Covid-19 di pasar tersebut," jelas Airlangga.

Baca Selanjutnya: Dalam kesempatan yang sama Abdullah...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami