Akhir 2020, Bandara Soekarno-Hatta Bakal Punya Jalan Seperti Bundaran Semanggi

UANG | 24 Januari 2020 17:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menargetkan perombakan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan selesai 2020. Beberapa fasilitas yang akan rampung disulap antara lain akses jalan masuk/keluar bandara, gedung terintegrasi (intergrated building) dan hotel di Terminal 3.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan proyek jalan akses bandara nantinya akan memiliki desain melingkar seperti di Bundaran Semanggi, Jakarta.

"Beberapa proyek di Soetta akan speed up. Sekarang pengunjung lagi terganggu ada proyek akses jalan masuk/keluar di pinggir danau. Akhir 2020 aksibilitas ditargetkan bisa selesai. Konsepnya jalan melingkar seperti di Semanggi, sehingga keluar/masuk bandara lebih lancar," jelasnya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1).

Proyek lainnya yang jadi prioritas yakni integrated building Bandara Soetta. Berbagai fasilitas transportasi publik seperti kereta bandara, kereta layang, dan Bus Damri nantinya akan terkoneksi di gedung ini.

"Jadi Bandara Soekarno-Hatta akan jadi gedung terminal antarmoda transportasi. Akan terkoneksi stasiun kereta layang, kereta bandara, dan transportasi darat lainnya seperti taksi, bus, airport connection, penyedia taksi online, Damri, PPD, dan sebagainya. Termasuk ada juga untuk space commercial," paparnya.

1 dari 1 halaman

Bangun Hotel Bintang 3 dan Convention Center

Fasilitas hotel bintang 3 di Terminal 3 Bandara Soetta juga kini tengah dipercepat. Targetnya, pengerjaan proyek ini dapat rampung dan dioperasikan pada Maret 2020.

"Di terminal 3 domestik juga ada hotel bintang 3 dengan 140 kamar. Pembangunannya memanfaatkan area yang menyatu dengan gedung terminal. Akan dioperasikan mudah-mudahan tidak meleset di bulan maret tahun ini," ujar Awaluddin.

"Nanti gedung integrated building juga akan terkoneksi ke area timurnya. Beberapa perawatan alat berat seperti crane juga akan dibangun. Ada juga hotel dan convention center," dia menambahkan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

(mdk/bim)

Baca juga:
Dana Asing Rp980 Miliar Kabur dari RI Dipicu Wabah Virus Corona
PT PP Rampungkan Proyek Runway 3 Bandara Cengkareng Lebih Cepat dari Target
21 Maret, Xpressair Buka Rute Baru Solo-Kalimantan
Angkasa Pura II Bangun Hotel Bintang 3 di Bandara Soekarno Hatta
Perketat Pengawasan, Bos AP II Pastikan Virus Corona Belum Masuk Indonesia
Jalankan Perintah Jokowi, AP II Siapkan Rp14 T Bangun Terminal 4 Bandara Cengkareng
Menhub Budi Beberkan Keuntungan Diresmikannya Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.