Akibat Listrik Padam 9 Jam, MRT Jakarta Rugi Rp507 Juta

UANG | 6 Agustus 2019 13:54 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mengalami kerugian sebesar Rp 507 juta karena terhentinya layanan pada 4 Agustus 2019 akibat kendala pasokan listrik PLN pukul 11:50 hingga pukul 20:00 WIB. Angkutan massal tersebut juga mencatat potensi kehilangan penumpang mencapai 52.898 orang selama listrik padam.

"Khusus terkait kerugian pendapatan finansial yang ditimbulkan akibat terputusnya pasokan listrik dari PLN ke MRT Jakarta diperkirakan mencapai Rp 507 juta per tanggal 4 Agustus 2019," Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin melalui siaran pers, Jakarta, Selasa (6/8).

Kerugian ini belum termasuk berbagai kerugian moril dan materil yang diderita oleh penumpang dan publik yang menggantungkan perjalanannya kepada MRT Jakarta. Sebagai dampak tidak langsung pada Senin kemarin, terjadi penurunan 16,43 persen penumpang dalam satu hari, yang kemungkinan disebabkan oleh kekhawatiran pengguna bahwa pemutusan pasokan listrik dapat terjadi lagi.

"Diharapkan penurunan ini bersifat sementara, dan diharapkan gangguan listrik seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya," jelas Kamaluddin.

Kamaluddin menambahkan, sejak Senin, 5 Agustus 2019 MRT Jakarta telah beroperasi normal kembali dari Stasiun Lebak Bulus Grab hingga stasiun Bundaran HI. MRT Jakarta senantiasa menempatkan aspek keandalan, keamanan dan keselamatan sebagai prioritas utama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"MRT Jakarta juga saat ini menyempurnakan kembali SOP Evakuasi Keadaan Darurat untuk mengantisipasi situasi listrik padam oleh PLN dan memastikan evakuasi berjalan dengan lancar dan aman," tandasnya. (mdk/did)

Baca juga:
Pemerintah Minta Pembayaran Kompensasi PLN Dilaporkan per 3 Bulan
PLN Siapkan Rp 865 Miliar Beri Kompensasi Pelanggan Akibat Listrik Padam 9 Jam
Dalami Unsur Kelalaian Manusia soal Listrik Padam, Polisi Periksa 4 Saksi
Listrik PLN Padam 9 Jam jadi Peringatan untuk Indonesia
PLN: Sistem Kelistrikan DKI, Banten dan Jawa Barat Sudah Normal
Listrik Padam Berpotensi Memperparah Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III
Antisipasi Listrik Padam, Daop 6 Instruksikan Semua Stasiun Periksa Genset

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.