Alasan BKPM Relokasi Kawasan Industri Brebes ke Batang

Alasan BKPM Relokasi Kawasan Industri Brebes ke Batang
UANG | 19 Juni 2020 19:22 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersiap melakukan relokasi Kawasan Industri Brebes (KIB) ke Batang Jawa Tengah. Kebijakan diambil karena penilaian pemerintah yang menganggap kawasan industri di Batang lebih siap digunakan dibandingkan KIB.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, bahwa penilaian pemerintah didasari permasalahan pembebasan lahan di KIB yang belum terselesaikan hingga saat ini. Kemudian di perparah oleh letak (KIB) yang berada di wilayah dengan ketinggian sangat rendah, sehingga dibutuhkan anggaran cukup besar untuk kegiatan pengurukan.

"Namun, KIB akan tetap dikembangkan sebagai kawasan industri. Saat ini pengembangan dibawa dulu ke Batang," kata dia dalam video conference via Facebook, Jumat (12/6).

Bahlil mengatakan, daya tarik kawasan industri di Batang ialah adanya PLTU yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan teknologi canggih. Salah satunya secara otomatis mampu mendeteksi suhu tubuh karyawan yang hendak memasuki ke kawasan PLTU.

Ke depan, PLTU yang dibangun dengan nilai investasi Rp60 triliun diproyeksikan dapat membantu PLN untuk menambah suplai listrik ke wilayah Jawa-Bali sebesar 5,7 persen.

"Apalagi, kawasan ini (Jawa Tengah) semakin tumbuh pesat, kebutuhan listriknya juga otomatis bertambah," imbuh dia.

Baca Selanjutnya: Favorit Investor...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami