Amazon Disebut Bakal Tanamkan Modal di Go-Jek

Amazon Disebut Bakal Tanamkan Modal di Go-Jek
Logo Baru Gojek. ©dok. Humas Gojek
UANG | 28 Agustus 2019 21:25 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Amazon.com Inc berencana untuk menanamkan modal di salah satu startup besar di Indonesia, yakni Go-Jek. Investasi ini tengah dalam pembicaraan sehingga belum diketahui jumlah investasi yang akan ditanamkan.

Investasi ini termasuk dalam putaran pendanaan Seri F yang dilakukan oleh Go-Jek. Sebelum Amazon, beberapa perusahaan juga telah berinvestasi, yakni Visa Inc., Siam Commercial Bank Plc Thailand, Mitsubishi Motors Corp, Mitsubishi Corp dan Mitsubishi UFJ Lease & Finance Co.

"Di bawah satu skenario yang telah dipertimbangkan, Amazon dapat melakukan investasi yang berarti untuk startup Indonesia yang paling berharga. Pembicaraan masih berlangsung atau persyaratannya dapat berubah," kata seorang sumber, dilansir Bloomberg, Rabu (28/8).

Berdasarkan catatan CB Insights, Go-Jek diperkirakan memiliki valuasi sebesar USD 10 miliar atau Rp 142,51 triliun.

Indonesia dinilai sebagai negara dengan pasar terbesar dan menjanjikan di kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, investasi startup di Indonesia menjadi lebih menarik. Contohnya, Alibaba Group Holding yang menghabiskan miliaran dolar untuk mengakuisisi perusahaan belanja online Lazada dan berinvestasi di perusahaan e-commerce Indonesia, Tokopedia dan Bukalapak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, CEO & Founder Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, komitmen perusahaan melakukan fundraising pada tahap seri F untuk melancarkan ekspansi bisnis. Realisasinya sudah terlihat di beberapa negara, termasuk Vietnam, Thailand, dan Singapura. Putaran Seri F ini telah dimulai sejak Oktober 2018. (mdk/azz)

Baca juga:
Kemenperin Gandeng GO-JEK dan Grab Uji Coba Motor Listrik
Go-Jek Gelar Seminar Ajak pelaku UMKM Melek Teknologi
Setelah Go-Jek, Astra Buka Peluang Beri Suntikan Modal ke Digital Startup Lain
Gojek Segera mengaspal di Malaysia, Dapat Kecaman Dari Layanan Taksi
Go-Jek Masuk Deretan Perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune
BCA, Go-Jek Hingga Indomie Masuk 50 Merek Paling Berharga di RI

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami