Anak Muda Diminta Tak Perlu Cemas Kehilangan Pekerjaan Akibat Digitalisasi

UANG | 24 April 2019 16:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta generasi muda agar tak perlu cemas dalam menghadapi era digital, terutama takut kehilangan pekerjaan.

"Dalam era digital akan tercipta sejumlah pekerja baru. Ada yang hilang ada yang lain, yang lain itu belum tentu juga sedikit," ujarnya dalam Seminar Nasional Perpajakan, di Kampus PKN STAN, Tangerang Selatan, Rabu (24/4).

Dia menambahkan, pemerintah telah mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan kompetensi generasi muda sehingga siap menghadapi perkembangan teknologi.

"Sehingga pasangan suatu program besar di Pemerintah pendidikan dan pelatihan vokasi memang bukan untuk jadi insinyur atau sarjana apa. Tapi untuk meningkatkan dan membuat relevan keterampilan dia, kompetisi dia. Satu di level BLK satu di SMK satu lagi di level Politeknik. Untuk mendukung Industri 4.0," lanjut dia.

Selain itu, Pemerintah bersama pelaku industri sudah mulai mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan baru apa saja yang mungkin akan muncul ke depan. Hal ini kemudian akan coba dimasukkan ke dalam sistem pendidikan.

"Tidak ada yang tahu job apa saja yang akan lahir. Kita sudah mulai identifikasi.
Itu harus sudah diperkirakan. Kalau tidak dari sekarang itu 20 tahun ke depan berganti dia," ujar dia.

"Kalau kita tidak mampu lahirkan pengembangan industri digital maka kita akan jadi pemakai. Bukan hanya vokasi menyangkut industri digital, juga jenis-jenis industri. Kita banyak didik dan latih pemuda kita," tandas Darmin.

Baca juga:
OJK Anggap Wajar Bank yang Pangkas Tenaga Kerjanya Akibat Digitalisasi
Buka Gelaran Industrial Summit, Wapres JK Minta Pelaku Industri Menuju Digitalisasi
Cegah Pencurian Data di Era Digital, Keamanan Siber Harus Ditingkatkan
Kini Buka Rekening BCA Bisa Lewat Online, Tak Perlu Antre di Bank
Indonesia Harus Perhatikan 4 Hal Ini dalam Pengembangan Ekonomi Digital
Telkom Digisummit 2019 Hadirkan Inovasi Terbaru di Bidang Edutainment

(mdk/azz)