Anak usaha BUMI caplok 3 perusahaan tambang batu bara

UANG | 2 Januari 2014 16:19 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - PT Bumi Resources Tbk (BUMI), melalui anak usahanya PT Citra Prima Sejati (CPS) telah mengakuisisi tiga perusahaan tambang batu bara. Nilai akuisisi tersebut mencapai Rp 1,2 triliun.

Dalam keterbukaan informasi di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), tiga perusahaan batu bara telah diambil alih oleh perusahaan milik Grup Bakrie antara lain PT MBH Mining Resources dengan total kepemilikan saham 99,9 persen, PT Mitra Bisnis Harvest dengan total kepemilikan saham 99,7 persen, dan PT Buana Mineral Harvest dengan total kepemilikan saham 99,9 persen.

Kepemilikan CPS di tiga perusahaan tambang batu bara itu dilakukan melalui mekanisme konversi utang menjadi saham. Kepada PT MBH Mining Resources, BUMI memiliki tagihan sebesar Rp 338,32 miliar yang kemudian dikonversi menjadi 676.648 lembar saham.

Untuk PT Mitra Bisnis Harvest, BUMI memiliki tagihan Rp 320,2 miliar yang kemudian di konversi menjadi 320.202 saham lembar baru. Sedangkan kepada PT Buana Mineral Harvest, CPS mengubah tagihan sebesar Rp 596,31 miliar utang menjadi 1.192.632 saham baru.

Dalam keterangannya, pembayaran harga pembelian dalam transaksi itu dilakukan secara tunai, konversi atas tagihan atau dengan cara lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (mdk/noe)


Perusahaan Bakrie batal kurangi utang Rp 18,2 triliun
RUPS BUMI batal karena tak kuorum
RUPS BUMI molor, pemegang saham protes
Tahun depan tak disarankan beli saham BUMI milik Bakrie
Butuh dana besar, Bumi Resources jual perusahaannya di Afrika

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.