Anda Pegawai Baru, Ini 5 Tips Beri Kesan Baik di Hari Pertama Kerja

Anda Pegawai Baru, Ini 5 Tips Beri Kesan Baik di Hari Pertama Kerja
Ilustrasi bekerja. ©2012 Merdeka.com
UANG | 20 April 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Memulai kerja baru bisa diartikan dengan memasuki kehidupan baru. Sebab, di tempat kerja, Anda dihadapkan pada sesuatu yang baru sehingga harus beradaptasi agar Anda bisa menyesuaikan diri di tempat kerja.

Bagi seseorang yang sudah punya pengalaman kerja, hal ini mungkin tidak begitu sulit, namun bagi fresh graduate yang baru pertama kali mencicipi dunia kerja profesional, hal ini bisa menjadi hal yang sulit.

Tuntutan utama yang sering kali membingungkan saat memulai hari pertama kerja ialah bagiaman cara memberi kesan pertama yang positif bagi kolega baru Anda. Ada banyak tips dan trik di internet yang bisa dipelajari tentang hal ini, tapi mungkin tidak semuanya bekerja.

Co-CEO di Kingsley Gate Partners, Umesh Ramakrishnan telah bekerja dengan banyak pekerja dari berbagai latar belakang dan berasal dari benua berbeda-beda, dari Asia, Eropa hingga Afrika. Dia memberi sarannya terkait hal apa saja yang harusnya dilakukan di hari pertama kerja.

Berikut 5 tips yang patut diterapkan jika anda sedang bersiap untuk masuk kerja hari pertama, dilansir Forbes.

1. Duduk dan tanyakan pada atasan beberapa hal detail

Saat pertama masuk kerja mulailah untuk membangun relasi yang baik dengan atasan anda. Yang harus dilakukan ialah bangun komunikasi dengan menanyakan beberapa hal rinci terkait aktivitas di kantor.

Seperti menanyakan bagaimana gaya kerja yang harus dibangun, menanyakan hal apa yang bisa membuat atasan anda dongkol, cara komunikasi yang harusnya dilakukan, hingga bagaimana proses pelaporan yang atasan anda inginkan.

2. Bangun komunikasi dengan bawahan

Jika anda bergabung di sebuah perusahaan untuk jabatan lebih tinggi, cobalah untuj melakukan hal yang sama dengan bawahan anda. Ajak mereka duduk bersama dan bicarakan beberapa hal detail tentang cara kerja tim anda.

Jangan membahas tujuan atau goals apa pun dulu, tetapi selesaikan bentuk komunikasi yang ingin anda bangun selama bekerja. Seperti cara bekerja, jenis pelaporan apa, dengan frekuensi apa, dan hal detail lainnya.

Baca Selanjutnya: 3 Temui kolega Biasanya di hari...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami