Anggaran Vaksin Covid-19 Capai Rp37 Triliun Hingga 2022

Anggaran Vaksin Covid-19 Capai Rp37 Triliun Hingga 2022
UANG | 28 September 2020 19:12 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut kebutuhan anggaran untuk vaksin periode 2020-2022 mencapai sebesar Rp37 triliun. Sementara estimasi uang muka yang harus dibayarkan pemerintah tahun ini adalah sebesar Rp3,8 triliun.

"Sementara, dalam RAPBN 2021 telah dialokasikan sebesar Rp18 triliun untuk program vaksinasi," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (28/9).

Dia menyebut, pemerintah terus mempercepat Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Pengadaan dan Distribusi Vaksin Covid-19. Perpres ini untuk mendukung perkembangan dan persiapan pelaksanaan vaksinasi, termasuk roadmap pelaksanaan vaksinasi serta pembuatan Dashboard Tracing Vaccine Program.

"Dashboard tersebut untuk melacak siapa yang mendapatkan vaksin dan bagaimana efektivitas pelaksanaan vaksinasi di lapangan," ungkap dia.

Airlangga mengungkapkan bahwa ada beberapa negara yang sudah berkoordinasi dan mengirimkan confidentiality agreement kepada Kementerian Kesehatan untuk pengadaan vaksin, seperti Pfizer dan Johnson & Johnson.

"Ini menunjukkan pemerintah sudah bekerja sama dengan berbagai institusi yang melakukan riset dan pengembangan dalam rangka persiapan mendapatkan aksen vaksin," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Prioritas Vaksin...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami