Angkasa Pura I beri mudik gratis 2.000 orang ke Semarang, Solo dan Yogyakarta

Angkasa Pura I beri mudik gratis 2.000 orang ke Semarang, Solo dan Yogyakarta
UANG » MALANG | 11 Juni 2018 10:23 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan pelepasan 2.000 peserta mudik gratis yang menuju Semarang, Solo dan Yogyakarta dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018. Pelepasan pemudik dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso di Kemayoran, Senin (11/6).

Faik mengatakan mudik gratis tersebut adalah sebagai bentuk sinergi BUMN dalam mendukung program sosial pemerintah pada bulan Ramadan ini. "Dan untuk mengurangi kemacetan serta potensi kecelakaan pada masa arus mudik Lebaran 2018, Angkasa Pura I menyelenggarakan kegiatan mudik gratis bagi 2000 pemudik," katanya.

Kegiatan Mudik Bareng BUMN 2018 secara gratis untuk 2.000 pemudik ini melayani rute jalur darat Jakarta-Semarang (via jalur utara), Jakarta-Solo (via jalur utara), dan Jakarta-Yogyakarta (via jalur selatan).

Pemudik diberangkatkan menggunakan bus sebanyak 50 armada dan dibagi dalam dua tahap pemberangkatan yaitu pada 9 dan 11 Juni 2018. Pemberangkatan pertama pada Sabtu (9/6) dilepas oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Ancol bersama dengan BUMN-BUMN lainnya. Sedangkan pemberangkatan kedua dilakukan pada hari ini.

Pendaftaran program mudik gratis ini sudah dimulai sejak 23 April dan ditutup 25 Mei 2018 lalu. "Meskipun pendaftaran dibuka dari tanggal 23 April hingga 25 Mei 2018, kurang lebih satu bulan, namun dalam waktu kurang dari satu minggu kuota sudah terpenuhi," jelasnya.

"Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini saya ingin sekali mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan mengapresiasi antusiasme serta semangat masyarakat untuk mendukung misi pemerintah dengan berpartisipasi dalam program Mudik Bareng BUMN ini," tambahnya.

Program mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Angkasa Pura I menyediakan 50 bus kelas executive dengan standar aman dan layak jalan. Bus ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti TV, karaoke, musik, AC, konsumsi snack, obat-obatan, tshirt, topi, souvenir, dan toilet.

Calon pemudik juga nanti akan diproteksi oleh asuransi jiwa untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan calon pemudik selama perjalanan sampai ke kampung halaman. "Selamat melakukan perjalanan mudik. Semoga selamat sampai tempat dan kembali lagi dengan kondisi sehat walafiat. Bagi para pemudik diimbau untuk selalu meniaga keselamatan dan keamanan perjalanan dengan mematuhi peraturan yang berlaku." (mdk/azz)

Baca juga:
Saat Jokowi sapa pemudik di Terminal Baranangsiang Bogor
Program mudik gratis, Bulog berangkatkan 1.200 orang pulang kampung
Sambut pemudik, Pemkot Solo resmikan pusat kuliner New Galabo
Dibuka hanya siang hari, pengguna Tol Pandaan-Malang terus meningkat
Moeldoko ungkap tiga titik kritis di jalur mudik
Truk sumbu tiga dilarang lewat Tol Cikampek pada 12-14 Juni
Polda sebut 35 ribu kendaraan masuk Cikampek sejak pagi hingga sore

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami