Angkasa Pura II Ungkap Penyebab Penurunan Jumlah Penumpang Pesawat Sepanjang 2019

Angkasa Pura II Ungkap Penyebab Penurunan Jumlah Penumpang Pesawat Sepanjang 2019
Bandara Soekarno Hatta dipadati pemudik. ©2013 Merdeka.com/arie basuki
UANG | 22 Desember 2019 15:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II membeberkan penyebab turunnya jumlah penumpang di 16 bandara miliknya. Di mana, hingga akhir 2019, jumlah penumpang pesawat diproyeksikan hanya mencapai 90,5 juta atau turun 18 persen daripada periode sebelumnya.

Direktur Teknik Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo, mengatakan penurunan traffic penumpang sebetulnya tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga di seluruh dunia. Kondisi ini diperparah dengan adanya isu-isu sepanjang 2019 yang menghiasi dunia penerbangan.

"Ada isu sengaja dihembuskan adanya harga tiket mahal kemudian bagasi berbayar. Padahal, sebenernya itu sejak tahun lalu ada, kalau LCC pasti berbabayar," kata dia di Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Minggu (22/12).

Dia mengatakan, dengan munculnya beragam isu tersebut, berpengaruh besar kepada masyarakat khususnya yang menggunakan moda transportasi udara. Sehingga membuat minat beli masyarakat relatif menurun. "Tapi itu berpengaruh karena ada semacem follow up," imbuh dia.

Djoko menambahkan, selain dari persoalan tersebut, penyebab lain yang menggerus traffic penumpang pada tahun ini adalah adanya pembangunan infrastruktur darat yang cukup masif. Di tambah banyaknya jalan tol yang resmi difungsikan membuat masyarakat bergeser menggunakan moda transportasi.

"Contoh di darat jalan tol naik cukup tinggi. Ini baru kasus ini. Kalau kereta cepat Jakarta-Surabaya maka tambah parah lagi. Kondisi market dan juga kondisi dari daya belinya yang saya tangkap adalah itu," tandas direktur Angkasa Pura II tersebut.

Baca Selanjutnya: Angkasa Pura II Prediksi Penumpang...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami