Antisipasi Lonjakan Akomodasi Saat Lebaran, Traveloka Tambah Inventori

UANG | 21 Mei 2019 19:01 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Fenomena mudik saat libur Lebaran menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan travel online, salah satunya adalah Traveloka.

Head of Marketing Accomodation Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, tren mudik Lebaran saat ini menjadikan keuntungan sendiri bagi perusahaan. Sebab, pada momen ini biasanya terjadi peningkatan pada kebutuhan akomodasi atau tempat menginap untuk di kota-kota tujuan.

"Menjelang Libur Lebaran 2019, Traveloka memperkirakan dan siap mengantisipasi perubahan pada tren pada pemesanan akomodasi," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (21/5).

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi terhadap permintaan kebutuhan akomodasi pihaknya akan menambahkan jumlah inventori mulai dari hotel, resort, vila, apartemen, hingga bed and breakfast. Penambahan tersebut dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat pada saat mudik Lebaran.

"Saat ini, Traveloka sendiri baru memiliki lebih dari 400 ribu inventori (kita akan tambahkan)," imbuhnya.

Dia mengatakan kenaikan permintaan ini juga dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya yakni Tol Trans Jawa yang sudah mulai beroprasi. Dengan adanya Trans Jawa ini diprediksi pemudik pribadi menggunakan mobil ada peningkatan sebanyak 18 persen.

"Di sisi lain para pemudik dengan mobil pribadi yang meningkat juga berakibat pada tingginya kebutuhan akomodasi untuk singgah selama perjalanan mudik," katanya.

Kemudian faktor lain terjadinya peningkatan permintaan akomodasi pada Lebaran adalah experience economy, di mana masyarakat menginginkan adanya pengalaman yang tidak terlupakan saat libur bersama keluarga.

"Traveloka mencatat adanya pergeseran sudut pandang terhadap kebutuhan akomodasi, bahwa saat ini akomodasi tidak hanya menjadi tempat untuk singgah atau menginap, tapi malah menjadi sebuah destinasi untuk liburan," pungkasnya.

Di samping itu, kesiapan Traveloka dalam menyambut libur Lebaran juga ditunjukan dengan menghadirkan sistem pemesanan dan pembayaran untuk semua pilihan akomodasi yang tersedia di platform aplikasi.

Baca juga:
Bank BRI Siapkan Uang Tunai Rp 48,2 Triliun Selama Periode Lebaran
Menhub Budi Rencana Terapkan Tarif Khusus Penyeberangan di Pelabuhan Merak
Jika Terjadi Macet Saat Mudik, Sistem Satu Arah Diberlakukan di Tol
Kemenhub: Penumpang Pesawat Domestik Turun Dua Kali Lipat di Lebaran 2019
Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik ke Sumsel Banyak Gunakan Kapal Laut

(mdk/idr)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com