APII Gandeng Astra Digital Hadirkan 3 Aplikasi Layanan di Bandara Soekarno-Hatta

UANG | 9 Oktober 2019 11:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Astra Digital dan Angkasa Pura II (AP II) secara resmi menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) untuk menghadirkan layanan serba digital di APSpace, co-working space milik AP II. Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko, Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

"Digitalisasi itu bukan hanya gaya, tapi keharusan. Ini merupakan starting point bagi Indonesia untuk mengenalkan diri sebagai bangsa yang ramah secara digital," ujar Paulus di Tangerang, Rabu (9/10).

Nantinya, akan tersedia tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil. Movic, untuk penyewaan mobil di terminal 1, 2 dan 3. Sejalan, untuk memesan tiket bus.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan layanan ini sesuai dengan upaya perseroan untuk membangun koneksi antar elemen dengan digitalisasi. "Saat ini orang ke bandara bukan hanya mau naik atau turun dari pesawat, tapi melakukan kegiatan lain, seperti meeting. Oleh karena itu, perlu infrastruktur digital yang baik untuk menunjang itu semua," ujar Awaluddin.

Digitalisasi yang dilakukan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan. "Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core, salah satunya kami melihat adanya peluang untuk menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru," jelasnya.

Astra Digital dan Angkasa Pura II akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya secara digital kepada seluruh masyarakat. Kemungkinan, Astra Digital akan terus menambah pelayanannya di bandara selain yang disebut di atas.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 (mdk/bim)

Baca juga:
Menteri Rini: Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga Beroperasi Mei 2020
Hingga 5 Oktober, Penerbangan di Bandara Halim Dialihkan ke Soekarno-Hatta
AP II Kini Bilang Tak Ada Pergantian Nama Terminal di Bandara Soekarno-Hatta
AP II: Pegipegi Dapat Hak Penamaan di Belakang Nama Terminal 1, Traveloka Terminal 2
Traveloka Dapat Hak Penamaan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta
Dalami Suap Dirkeu PT Angkasa Pura II, KPK Periksa Direktur Keuangan PT INTI
Mengenal Kendaraan Listrik yang Beroperasi di Bandara Soekarno Hatta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.