Apindo Sebut Hanya 3 Persen Pekerja Indonesia Mampu Bekerja di Perusahaan Besar

Apindo Sebut Hanya 3 Persen Pekerja Indonesia Mampu Bekerja di Perusahaan Besar
UANG | 28 November 2020 18:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Ketua Komite Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial untuk Upah Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Aloysius Budi Santoso, mengatakan saat ini ada 129 juta pekerja produktif. Namun sebagian besar hanya lulusan SD, SMP dan SMA.

Dari jumlah pekerja tersebut hanya 3 persen pekerja Indonesia yang bekerja di perusahaan besar. Bila dilakukan gabungan dengan pekerja di perusahaan sektor menengah hanya 6 persen saja.

"Dari 129 juta pekerja tersebut yang kerja di perusahaan besar hanya 3 persen," kata dia dalam webinar Strategi Ketenagakerjaan Menghadapi Bonus Demografi dan Perkembangan Industri, Jakarta, Sabtu (28/11).

Menurutnya, masalah kapasitas pekerja di Indonesia bermuara pada kualitas pendidikan di Tanah Air. Latar belakang pendidikan menjadi tantangan besar di Indonesia.

"Pasar tenaga kerja ini muaranya ada di infrastruktur pendidikan," kata Budi.

Sementara itu, dalam industri bisnis diperlukan pergerakan produktivitas yang lebih cepat. Perusahaan dituntut untuk membuat produk dan layanan yang terbaik dan memiliki daya saing.

"Struktur industri dan bisnis ini bergerak cepat. Kami harus mengusahakan produk dan layanan kita agar bisa dibeli pelanggan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Sri Mulyani Nilai Dampak Covid-19...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami