Arab Saudi Sediakan 200.000 Lowongan untuk Pekerja Indonesia

Arab Saudi Sediakan 200.000 Lowongan untuk Pekerja Indonesia
Arab Saudi. © Religion.info
EKONOMI | 1 Oktober 2022 17:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Perusahaan penyalur tenaga kerja Arab Saudi, ARCO Human Resources Company membuka lowongan untuk pekerja Indonesia. Ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara ARCO dengan 50 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Kerja sama ini disambut baik oleh pelaku usaha Arab Saudi dan Indonesia dengan perluasan kesempatan kerja ke Arab Saudi. Terdapat sekitar 200.000 peluang kerja di berbagai sektor industri, dengan berbagai jenis jabatan.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengatakan, hubungan bilateral Arab Saudi dan Indonesia semakin membaik, terutama dalam hal transformasi digital, transisi energi dan ekonomi. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan mendukung kerja sama antara ARCO dan para Pengusaha Penempatan Pekerja Migran Indonesia.

"Arab Saudi saat ini fokus untuk menyongsong visi 2030 di mana akan banyak pengembangan dan proyek di berbagai sektor yang membutuhkan banyak pekerja dari seluruh dunia, termasuk Indonesia," kata Afriansyah di Jakarta, Sabtu (1/10).

ARCO sebagai pelaku usaha dari Arab Saudi menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang akan difokuskan oleh perusahaan ini untuk dapat mempersiapkan SDM berkualitas untuk mengisi peluang kerja yang mereka miliki.

Seluruh pelaku usaha penempatan Pekerja Migran Indonesia yang hadir di acara ini berharap kerja sama ini akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kedua belah negara baik Arab Saudi dan Indonesia.

2 dari 2 halaman

Percepat MoU

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan bertemu dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di Jenewa, Swiss, Selasa (14/6) waktu setempat.

Dalam pertemuan ini dilakukan penandatanganan Risalah Rapat yang merupakan tindak lanjut dari Pertemuan Bilateral kedua negara yang terjadi di sela-sela ajang The 2nd EWG Meeting di DIY.

"Pertemuan ini bagian dari upaya kita mempercepat Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi, terutama terkait pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI)," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menjelaskan, hingga saat ini progres penyusunan MoU antara tim teknis kedua negara berjalan dengan lancar dan produktif, serta membawa sejumlah kemajuan.

"Terutama menyangkut masalah penempatan dan pelindungan para pekerja migran kita ini, tentunya lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya," jelasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Buruan Daftar, Otorita IKN Cari Tenaga Profesional untuk Posisi Ini
KAI Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Ada untuk Lulusan SMA dan D3
Siapkan CV, Global Job Fair Digelar di Bekasi dan Sediakan 1.500 Lowongan Kerja
Waspada, 3 Ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja bagi WNI di Hong Kong
50 Perusahaan Ikut Bursa Kerja 2022, Ada Ratusan Lowongan Kerja untuk Disabilitas
Anak Muda Tak Perlu Khawatir Cari Kerja, Pemkot Surabaya Siapkan Rumah Padat Karya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini