Arcandra: Keandalan dan Ketersediaan Listrik Lebaran 2019 Cukup

UANG | 23 Mei 2019 11:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM), Arcandra Tahar, memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan jelang Lebaran 2019, dengan mengunjungi pusat pengatur beban (P2B) Gandul, Depok. Arcandra mengatakan, kesiapan pasokan listrik sangat penting, agar masyarakat bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dengan nyaman karena ketersediaan pasokan listrik.

"Untuk itu kami pastikan keandalan dan ketersediaan suplai listrik selama Lebaran dalam kondisi cukup," kata Arcandra, disela kunjungannya ke P2B Gandul, Depok, Kamis (23/5).

Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin menyebutkan, sejumlah upaya telah dilakukan untuk memastikan kesiapan dan keandalan sistem kelistrikan, meliputi kesiapan (availability) unit pembangkit, penguatan jaringan transmisi dan distribusi. Selain itu juga, menghentikan sementara pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk kecuali pekerjaan emergency perbaikan kerusakan atau gangguan peralatan.

Membuat rencana dan pola operasi unit-unit pembangkit berdasarkan perkiraan beban (load forecast), pada periode Lebaran 2019 di tahun-tahun sebelumnya, dengan menyiapkan cadangan putar (spinning reserve) lebih besar dibandingkan waktu reguler. "Terakhir, melakukan pengawasan dan siaga di sejumlah obyek vital seperti masjid dan pusat keramaian terkait ketersediaan pasokan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Marak Program Mudik Gratis, Perusahaan Bus Menjerit Sepi Penumpang
BTN Siapkan Dana Tunai Rp 14,58 Triliun Sambut Lebaran 2019
Pemudik Menuju Jabar Meningkat, Dominasi dari Wilayah Jabodetabek
Menhub Budi Rencana Terapkan Tarif Khusus Penyeberangan di Pelabuhan Merak
Imbas Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik, Putar Balik di Jalur Pantura Ditutup
Antisipasi Lonjakan Akomodasi Saat Lebaran, Traveloka Tambah Inventori
Bank BRI Siapkan Uang Tunai Rp48,2 Triliun Selama Periode Lebaran

(mdk/bim)