Atasi Dampak Virus Corona, Jokowi Mau Tarif Pesawat Sampai Hotel Didiskon 30 Persen

Atasi Dampak Virus Corona, Jokowi Mau Tarif Pesawat Sampai Hotel Didiskon 30 Persen
UANG | 18 Februari 2020 11:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk wisatawan asing dan lokal. Hal ini dilakukan untuk memberikan stimulus ke dunia pariwisata Indonesia yang menurun akibat wabah virus corona.

"Saya tadi pagi telah bertemu dengan Menteri Keuangan kemungkinan ini masih kita hitung bersama-sama sore hari ini, untuk memberikan diskon insentif bagi Wisman yaitu 30 persen dari tarif rill. Tapi nanti kita putuskan," ujar Presiden Jokowi usai rapat terbatas di Kantor Presiden, kemarin.

Kendati begitu, dia menyebut diskon wisata akan diberikan selama 3 bulan ke depan sambil pemerintah memutuskan destinasi wisata mana saja yang akan diberikan stimulus. Pemerintah juga berencana memberikan diskon 50 persen untuk travel biro perjalanan.

"Termasuk di dalamnya juga diskon untuk wisatawan domestik yang bisa nanti kita berikan juga minus 30 persen dan mungkin bisa saja untuk travel bironya diberi diskon yang lebih misalnya 50 persen misalnya sehingga betul-betul menggairahkan dunia wisata (usai virus corona)," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Keputusan Minggu ini

ini

Menteri Pariwisata, Wishnutama, menuturkan pemberian potongan harga tersebut juga mencakup tiket pesawat, hotel, dan segala aspek yang berkaitan dengan pariwisata. Kisaran diskon yang diberikan 25 hingga 30 persen.

"Antara 25 sampai 30 persen. Syukur-syukur bisa lebih kita lagi perhitungkan. Minggu ini (diputuskan)," ucap Menteri Wishnutama.

Adapun potongan harga rencananya akan diberikan untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin berpergian ke Bali, Kupang, Sulawesi Utara, Bintan, Batam. Menteri Wisnutama menjelaskan bahwa pemerintah telah membahas kebijakan itu dengan 33 maskapai penerbangan.

"Rencana kita akan tambah lagi destinasi-destinasi lain seperti ke Jogja, Lombok, Labuan Bajo dan sebagainya," tuturnya.

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Pasien Virus Corona Meninggal Dunia di China 1.868 Orang
Mahasiswi Klaten Usai Karantina di Natuna: Mohon Masyarakat Tak Takut Dengan Kami
Seorang Warga Diisolasi di RSMH Palembang, Diduga Suspect Corona
Porak-poranda Ekonomi China Akibat Wabah Virus Corona, Banyak Usaha Terancam Bangkrut
Virus Corona Buat Ekspor Kelapa Sawit RI ke China Anjlok
Pengusaha Nilai Sektor Transportasi Bakal Terimbas Virus Corona
Menlu: 78 WNI Kru Kapal Princess Diamond Sehat, Masa Karantina Berakhir 19 Februari

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5