Aturan Larangan Mudik Berlaku, Garuda Indonesia Masih Beroperasi Hari Ini

Aturan Larangan Mudik Berlaku, Garuda Indonesia Masih Beroperasi Hari Ini
UANG » MAKASSAR | 24 April 2020 15:49 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Maskapai penerbangan, Garuda Indonesia mengakui masih melayani angkutan penumpang pada hari ini, Jumat (24/4). Padahal, hari ini merupakan hari pertama penerapan larangan mudik 2020.

Aturan tersebut tertuang melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H. Di mana penerbangan di dalam negeri melalui bandar udara dari dan ke wilayah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan zona merah wabah corona akan dihentikan selama larangan mudik belum dicabut pemerintah.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, masih beroperasinya maskapai karena mempertimbangkan masa sosialisasi atas implementasi larangan mudik. Maka khusus pada hari ini (24/4) hingga pukul 23.29 waktu setempat, layanan penerbangan domestik maupun rute penerbangan yang masuk dalam ketentuan tersebut masih akan beroperasi. Namun, dengan pengawasan penuh oleh aparatur bandara setempat.

"Dengan demikian, mulai besok, Sabtu (25/4) Pukul 00.00 Local Time rute-rute penerbangan domestik Garuda Indonesia yang terhubung dengan wilayah berstatus PSBB dan zona merah penyebaran Covid 19 untuk sementara waktu tidak beroperasi," kata Irfan melalui siaran pers, Jumat (24/4).

Irfan menyebutkan, sesuai penyesuaian layanan operasional penerbangan tersebut, Garuda Indonesia masih akan melayani penerbangan ke sejumlah rute yang dikecualikan dalam peraturan Permenhub, termasuk rute penerbangan domestik dan rute internasional yang tidak terhubung langsung dengan wilayah yang berstatus PSBB maupun wilayah zona merah penyebaran covid-19.

Hingga siang ini, terdapat delapan wilayah PSBB yang termasuk dalam layanan operasional penerbangan Garuda Indonesia yang terdiri dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Sumatera Barat, Banjarmasin, dan Tarakan. Selain sektor penerbangan yang terhubung dengan wilayah tersebut, seluruh layanan operasional penerbangan Garuda Indonesia akan tetap berlangsung dengan normal.

"Namun demikian, kami pastikan komitmen untuk menghadirkan aksesibilitas layanan penerbangan bagi masyarakat tetap akan jadi prioritas utama kami, khususnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kembali pulang ke domisilinya masing-masing, tentunya dengan tetap memperhatikan ketentuan dan koridor regulasi yang berlaku khususnya terkait protokol kesehatan dalam operasional penerbangan serta perizinan yang diperlukan," jelas Irfan.

Baca Selanjutnya: Penumpang Rute PSBB Refund Voucher...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami