Australia berikan hibah Indonesia Rp 1 triliun untuk penelitian

Australia berikan hibah Indonesia Rp 1 triliun untuk penelitian
Ilustrasi penelitian. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/emin kuliyev
EKONOMI | 27 September 2012 20:13 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - AusAID berencana memberikan hibah kepada Indonesia sebesar AUD 100 juta (Rp 1 triliun) dalam rangka membantu percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui penelitian dan analisa pengembangan kebijakan. Hibah tersebut ditujukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat miskin dalam pengembangan ekonomi.

Chief of Operations AusAID Indonesia, Mat Kimberley, mengatakan hibah tersebut direncanakan untuk membantu pengembangan sektor ilmu pengetahuan bagi masyarakat miskin selama lima tahun pertama. Angka ini dapat terus bertambah dan dilanjutkan dalam 15 tahun ke depan guna mendorong masyarakat Indonesia ke level kelas menengah.

"Pemberian bantuan hibah ini adalah wujud Pemerintah Australia yang ingin membantu menyelesaikan masalah pembangunan yang belum dapat diselesaikan pemerintah Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (27/9).

Indonesia, lanjutnya, saat ini telah muncul sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dan menempatkan sebagai negara berpendapatan menengah. Pengembangan kebijakan diharapkan mampu mengakselerasi kinerja perekonomian Tanah Air.

"Masih banyak keterampilan yang kurang merata dari pembuat kebijakan di Indonesia saat ini," tuturnya.

Hibah lima tahun pertama ini, tambahnya, akan digunakan merevitalisasi 17 lembaga penelitian untuk menghasilkan kebijakan independen dan menjadi saran kepada pemerintah. Pengembangan peneliti sektor pendidikan kesehatan dan perlindungan sosial diharapkan berkontribusi membantu masyarakat miskin.

"Dan memperbaiki sistem serta regulasi untuk membantu penyusunan kebijakan berbasis penelitian," ucapnya. (mdk/rin)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami