Bahas Freeport, Jonan kumpulkan mantan Menteri ESDM termasuk CT

UANG | 8 Maret 2017 12:58 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengumpulkan para mantan Menteri ESDM, yakni Soebroto (1978-1988), Kuntoro Mangkusubroto (1998-1999), Purnomo Yusgiantoro (2000-2009), Darwin Zahedy saleh (2009-2011), dan Chairul Tanjung.

Chairul yang pernah menjabat sebagai Plt Menteri ESDM pada September-Oktober 2014 mengatakan, pertemuan ini guna membahas berbagai masalah, salah satunya mengenai PT Freeport Indonesia, yang saat ini tengah menjadi salah satu persoalan genting di Indonesia, khususnya di tanah Papua.

"Adalah namanya kita sebagai mantan, saya kan orang yang pernah menyelesaikan masalah Freeport, masalah Newmont ya tentu kota sharing terhadap pengalaman yang pernah ada," katanya di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (8/3).

Meski demikian, dirinya enggan mengomentari rencana Freeport yang ingin membawa kasus ini ke arbitrase internasional. Dia hanya berharap permasalahan ini bisa cepat diselesaikan.

"Saya tidak mau ikut terlibat di dalam judgement. Harapan saya sebenarnya semua yang terbaik untuk bangsa ini bisa segera terjadi," imbuhnya. (mdk/sau)

Baca juga:
Sudah keruk alam Papua 50 tahun, Freeport seenaknya PHK karyawan
Komnas HAM: Tak ada legalitas, Freeport rampas tanah suku adat Papua
Kritik Faisal Basri ke pemerintah mau beli 51 persen saham Freeport
Polemik panjang divestasi saham hingga minta Freeport diusir dari RI
Komnas HAM: Masyarakat Papua harus jadi bagian pengelola Freeport
KSPI: 238.000 buruh kena dampak perebutan saham Freeport
Cuma fokus kejar divestasi, Freeport akan kembali dimiliki asing

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.