Banjir Jakarta Lumpuhkan Sektor Perdagangan Hingga Perhotelan

Banjir Jakarta Lumpuhkan Sektor Perdagangan Hingga Perhotelan
UANG | 26 Februari 2020 19:34 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyebut, banjir yang melanda wilayah Jakarta menyebabkan kerugian ekonomi bagi para pengusaha. Salah satunya, mengganggu aktivitas perdagangan di wilayah Mangga Dua.

"Jadi, dengan adanya tenaga kerja yang tidak tembus. Kita lihat di daerah Mangga dua, Kios 50 persen tutup," tegas Sarman di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, Rabu (26/2).

Selain itu, banjir yang merendam Kelapa Gading juga mengakibatkan meruginya usaha perhotelan hingga perdagangan, seperti pasar tradisional. "Secara psikologis, masyarakat saat banjir enggan keluar rumah. Pasti ada penurunan pengunjung," imbuhnya.

Sarman menambahkan, sektor logistik dan jasa ikut pula terdampak, akibat banjir yang memutus akses jalanan Ibu kota. Terkait, jumlah kerugian materiil yang dialami para pengusaha yang dirugikan akibat banjir Sarman menyebut masih belum bisa di kalkulasi.

"Kalau kisaran angka saya belum (bisa beritahu)," lanjut dia.

1 dari 1 halaman

Ke depan, Sarman berharap Pemprov DKI Jakarta dapat meningkatkan sinergi bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait antisipasi musim penghujan. Dengan demikian, pemerintah lebih bersiap memberikan informasi peringatan banjir lebih awal.

"Supaya pelaku usaha melakukan antisipasi," ujar dia.

Dia juga meminta agar pelaku usaha untuk tidak menaikan harga saat musibah banjir terjadi, dengan cara memperhatikan kecukupan stok barang. "Ini menyebabkan harga barang terganggu," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Ridwan Kamil bakal Batalkan Agenda ke Turki untuk Meninjau Banjir
Pekalongan Dikepung Banjir, Ganjar Minta Semua Instansi Terkait Turun Membantu
Korban Banjir di Kota Bekasi: Tiga Orang Meninggal, Satu Hilang
Tanggul Sungai Citarum Jebol, Ratusan Rumah di Muara Gembong Bekasi Kebanjiran
Banjir Surut, Warga Cipinang Muara Kerja Keras Bersihkan Perabotan
Sempat Dirusak saat Banjir, Pompa Air Bulak Cabe Cilincing Kembali Beroperasi

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami