Bank BNI Setor Dividen Rp2,30 Triliun ke Negara

Bank BNI Setor Dividen Rp2,30 Triliun ke Negara
UANG | 20 Februari 2020 18:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI menyetujui pengalokasian 25 persen dari laba bersih tahun buku 2019 sebagai dividen.

Adapun laba bersih perseroan pada tahun lalu mencapai Rp15,38 triliun. Dengan begitu, dividen yang dibagikan adalah sekitar Rp3,84 triliun.

Wakil Direktur Utama BNI, Anggoro Eko Cahyo menyampaikan, pihaknya menyetor 60 persen dividen kepada negara, yakni sebesar Rp2,30 triliun. Sementara sisa 40 persennya menjadi wewenang pihak pemegang saham.

"Dividen pemerintah atas kepemilikan 60 persen saham Rp2,30 triliun. Untuk dividen bagian publik atas kepemilikan 40 persen saham adalah Rp1,53 triliun," jelas Anggoro di Menara BNI, Jakarta, Kamis (20/2).

Anggoro menyebutkan, sisa 75 persen laba bersih atau sekitar Rp 11,53 triliun akan digunakan Bank BNI sebagai saldo yang ditahan. Pembagian dividen nantinya akan ditetapkan oleh jajaran direksi sesuai aturan yang berlaku.

"Direksi perseroan dengan hak konstitusi akan menetapkan jadwal dan tata cara pembagian dividen sesuai ketentuan yang berlaku," pungkas dia.

1 dari 1 halaman

Erick Thohir Angkat Agus DW Martowardojo jadi Komisaris Utama BNI

angkat agus dw martowardojo jadi komisaris utama bni rev2

Menteri BUMN, Erick Thohir mengangkat Agus DW Martowardojo menjadi Komisaris Utama PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini resmi menjadi Komut BNI usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilakukan perusahaan hari ini, Kamis (20/2).

Menteri BUMN mengatakan, dengan masuknya Agus DW Martowardojo dalam jajaran Komisaris BNI diharapkan bisa meningkatkan kinerja BNI baik dalam negeri maupun penguatan pasar di luar negeri.

"Dengan pengalaman Pak Agus DW Martowardojo di dunia perbankan, kita harapkan bisa bekerjasama dengan direksi dan menjadikan BNI sebagai Bank BUMN yang lebih besar lagi," kata Erick Thohir.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Herry Sidharta Jadi Dirut BNI Gantikan Achmad Baiquni
Erick Thohir Angkat Agus DW Martowardojo Jadi Komisaris Utama BNI
Bank BNI Punya 104 Unit Mesin ATM Pecahan Rp20.000, Berikut Lokasinya
Tumbuh 2,5 Persen, BNI Catatkan Laba 2019 Rp15,38 Triliun
Orang-orang Jokowi di Lingkaran BUMN

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami