Bank Indonesia Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5 Persen

Bank Indonesia Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5 Persen
UANG | 23 Januari 2020 14:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. Sementara, suku bunga Deposit Facility tetap berada di angka 4,25 persen. Demikian pula dengan suku bunga Lending Facility yang bertahan sebesar 5,75 persen.

"Dengan memperhatikan perkembangan ekonomi global maupun nasional tersebut, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia tanggal 22 dan 23 Januari 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 5 persen," ucap Gubernur BI, Perry Warjiyo, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (23/1).

Kebijakan moneter BI, lanjutnya, tetap akomodatif dan konsisten dengan perkiraan inflasi yang terkendali dalam kisaran sasaran dan stabilitas eksternal yang terjaga. Serta, upaya untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah perekonomian global yang melambat.

"Strategi operasi moneter terus ditujukan untuk menjaga kecukupan likuiditas dan mendukung transmisi bauran kebijakan yang akomodatif," lanjut Perry.

Kebijakan makroprudensial yang akomodatif ditempuh untuk mendorong pembiayaan ekonomi sejalan dengan siklus finansial yang di bawah optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Kebijakan sistem pembayaran dan kebijakan pendalaman pasar keuangan juga terus diperkuat guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Ke depan, Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendukung momentum pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

1 dari 1 halaman

RDG Bank Indonesia November Putuskan Pertahankan Suku Bunga Acuan 5 Persen

indonesia november putuskan pertahankan suku bunga acuan 5 persen

Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan November 2019 Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 5,00 persen. Suku bunga Deposit Facility juga ditahan pada angka 4,25 persen dan Lending Facility 5,75 persen.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada 20-21 November 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day repo rate," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, di Kantor BI, Jakarta, Kamis (21/11).

Dia menegaskan kebijakan moneter akan tetap akomodatif dan konsisten untuk mencapai sasaran inflasi yang terjaga. Penetapan suku bunga ini juga bertujuan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan stabilitas perekonomian domestik.

"Menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah menurunnya ekonomi global," ujar bos Bank Indonesia tersebut.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Bank Mandiri Prediksi BI Turunkan Suku Bunga Acuan ke 5,75 Persen di 2019
BCA Sambut Putusan BI Tahan Suku Bunga Acuan Jelang Ramadan
Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan Maret di 6 Persen
Ikuti The Fed, BI diprediksi Menko Darmin Pertahankan Suku Bunga Acuan
Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan Februari di 6 Persen
Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Diprediksi Sentuh 7 Persen di 2019
Hingga September 2018, BI sudah naikkan suku bunga acuan 150 bps

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami