Bank Indonesia Optimis Kredit Perbankan Tumbuh 12 Persen Tahun Ini

UANG | 18 Juli 2019 17:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) optimistis kredit perbankan dapat tumbuh 10-12 persen pada tahun ini. Perkiraan tersebut berbeda dengan prediksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah merevisi target kredit perbankan dapat tumbuh 9-11 persen di 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan, pihaknya yakin atas target tersebut didasari dengan beberapa pertimbangan khusus, termasuk di dalamnya pertimbangan perihal kapasitas peminjaman oleh perbankan (bank capacity to lend).

"Prediksi (kami) jangan dibandingkan dengan OJK karena OJK belum mempertimbangkan apa yang BI pertimbangkan. Kami sudah mengendorkan likuiditas sehingga bank capacity to lend meningkat," tuturnya di Kantor BI, Kamis (18/7/2019).

Dia melanjutkan, pihaknya memproyeksi kredit perbankan untuk tumbuh di titik tengah, yakni berada pada kisaran 10-12 persen pada tahun ini. "InsyaAllah bisa lebih tinggi dari 11 persen," terangnya.

Sebagai informasi saja, OJK telah merevisi pertumbuhan kredit menjadi 9-11 persen secara tahunan pada medio Juni 2019. Sebelumnya, proyeksi OJK senada dengan BI, yakni tumbuh 10-12 persen secara tahunan.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Bank Mandiri Salurkan Kredit Infrastruktur Rp203 Triliun Hingga Juni 2019
BI Catat Pertumbuhan Kredit Triwulan II Naik, Didorong Sektor Konsumsi dan Investasi
Kejaksaan Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Kredit Fiktif Rp10 M
Kedalaman Pasar Keuangan Indonesia Kalah Dibanding Malaysia dan Thailand
OJK Prediksi Kredit Perbankan Tumbuh 14 persen pada 2020
Kredit Macet Masih Jadi Masalah Utama Perbankan

(mdk/idr)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com