Bank Mandiri Jual Seluruh Saham di Asuransi MAGI

UANG | 19 Agustus 2019 14:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana akan melepas seluruh kepemilikan sahamnya pada PT Mandiri AXA General Inscurance atau MAGI yang sebesar 60 persen.

"Mandiri ingin melakukan konsolidasi bisnis asuransi dengan melepas kepemilikan saham di Perusahaan Asuransi Mandiri Axa General Insurance (MAGI)," ujar Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (19/8).

Hery mengatakan, kepemilikan saham Mandiri di MAGI yang sebesar 60 persen akan dilepas dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, pelepasan 40 persen saham telah rampung pada akhir 2018 lalu, dibeli oleh AXA yang punya produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan serta asuransi perjalanan. "Sisa kepemilikan 20 persen akan dilepas paling lama 5 tahun sejak 2018, dan AXA akan mencari investor untuk membeli sisa kepemilikan 20 persen," katanya.

Senior Vice President (SVP) and Performance Bank Mandiri, Elmamber Petamu Sinaga mengatakan, MAGI sejak sejak Juni lalu juga sudah tidak dikonsolidasikan lagi oleh pihaknya. Itu lantaran kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba berada di bawah ekspektasi.

"Memang kalau dilihat kinerja MAGI sampai Juni masih profit. tapi secara Return on Equity (ROE) memang jauh dari Return on Equity Bank Mandiri. Return on Equity kita di atas 12 persen, sementara di MAGI sekitar 2 persen," paparnya.

Berdasarkan faktor itu, Bank Mandiri memutuskan untuk menyerahkan kepemilikan saham kepada pihak lain.

"Dengan pertimbangan itu kita mau mengoptimalkan yang terbaik untuk shareholder kita. Jadi kita akan menurunkan kepemilikan saham kita di MAGI untuk di-invest ke tempat yang lebih baik," tutupnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Bank Mandiri: Informasi Kami Alami Kerugian dan Akan Diambil China Hoaks
Pro Kontra Tax Amnesty Jilid II
VIDEO: Sistem Perbankan Alami Gangguan Akibat Mati Listrik 9 Jam
Mitigasi Listrik Padam, Bank Mandiri Siapkan Genset di Seluruh Kantor Cabang
Bank Mandiri Dukung Adanya Tax Amnesty Jilid II
Kumpulkan Nasabah Kaya Bank Mandiri, ini Bahasan Acara Beyond Wealth 2019

(mdk/idr)