Bank Mandiri prediksi BI rate naik 25 basis poin tahun depan

UANG | 24 September 2014 13:17 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - PT Bank Mandiri Tbk (Mandiri) memprediksi suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) tahun depan akan naik 25 basis poin menjadi 7,75 persen dari saat ini 7,5 persen. Perseroan memastikan akan menyesuaikan suku bunga kredit mengantisipasi kenaikan ini.

"Kemungkinan 2015 BI Rate naik 25 basis poin, kemungkinan pengaruh itu pasti ya, kemungkinan pengaruhnya ke suku bunga kredit," ujar Senior Vice President Treasury PT Bank Mandiri Tbk, Dharmawan Junaedi di Jakarta, Rabu (24/9).

Prediksi ini, lanjutnya, didasari dari pernyataan Gubernur Bank Sentral Amerika Jannet Yellen bahwa bunga The Fed pada akhir tahun 2015 akan naik 1,375 persen.

"Secara tren global, fed rate juga akan naik. Indonesia itu kecenderungannya pasti semuanya mengacu kepada global," kata dia.

Kenaikan bunga The Fed akan membuat BI bergerak cepat untuk menjaga minat investor tetap berada di Indonesia. Caranya tentu dengan menaikkan suku bunga acuan.

"Kalau BI tidak beri signal bahwa BI juga akan ikut naik (BI rate) ya mungkin terlalu besar outflownya nantinya," jelas dia. (mdk/bim)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.