Bank Syariah Indonesia akan Rambah Segmen Wholesale

Bank Syariah Indonesia akan Rambah Segmen Wholesale
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi. ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 17 Maret 2021 11:56 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi mengatakan, strategi BSI disusun untuk merambah ke pengembangan segmen wholesale dengan menciptakan produk inovatif termasuk pengembangan bisnis global. Dengan demikian, BSI bisa menjembatani perusahaan yang ada di Indonesia, baik di BUMN ataupun korporasi privat atau swasta, yang ingin mencari pembiayaan atau pendanaan.

"Di sisi lain kita juga ingin merambah pasar wholesale, memang wholesale banking yang ada saat ini belum terlalu modern. Kami harapkan nanti bisa lebih aktif untuk masuk ke sukuk Global. Tentunya investornya bisa kita dapatkan dari negara-negara yang ada di Timur Tengah atau di Eropa," kata Hery dalam Webinar Era Baru Pembiayaan Syariah di Indonesia, Rabu (17/3).

Selain itu, dalam pengembangan segmen wholesale ini, tujuannya bisa menjadi sarana bagi investor asing untuk mengakses pasar infrastruktur domestik dan investasi. Adapun strategi BSI juga disusun untuk menumbuhkan segmen UMKM dalam ekosistem dan value chain yang terintegrasi. Seperti melayani kebutuhan spesifik klien UKM terkait perbankan Syariah yang dapat memanfaatkan sinergi dengan induk perusahaan.

"Strategi yang kami susun, tentunya kami tetap akan membiayai segmen UMKM. Kami ingin memberikan banyak manfaat kepada segmen-segmen kecil dan menengah ini, baik mikro maupun kecil, rencananya kita akan membangun ekosistem yang solid termasuk nanti juga sentra-sentra UMKM yang berada di kota-kota lain di seluruh Indonesia," ujarnya.

Serta diharapkan bisa memberikan pendampingan kepada nasabah ataupun calon nasabah untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan baik, mengakses pasar dengan baik dan juga bisa belajar bagaimana memasarkan keuangan atau pun juga bisnis mereka melalui channel digital dan lain sebagainya.

Menurutnya, BSI tidak hanya disusun untuk melayani segmen UMKM dan wholesale saja, melainkan juga melayani segmen ritel dengan layanan khas Syariah. Dengan memberikan pengalaman perbankan terbaik dalam hal digital banking, kualitas layanan dan produk melampaui bank umum.

"Kami juga melayani segmen ritel dan layanan khas Syariah. Tentunya kita juga membiayai KPR pembiayaan untuk mobil atau sepeda motor, gadai emas, cicil emas, pengembangan ekosistem Islam khas Syariah, tentunya untuk bisnis haji umroh, ziswaf organisasi masyarakat, pendidikan dan juga kesehatan Rumah Sakit," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Erick Thohir Optimis BSI Bisa Masuk 10 Bank Syariah Terbesar di Dunia
BSI Target Penjualan Sukuk Ritel SR014 Capai Rp500 Miliar
BSI Luncurkan Program Pembiayaan Perumahan dengan Prinsip Syariah
Bertemu Bos Bank Syariah Indonesia, Dubai Islamic Bank Tawarkan Kerja Sama
BSI dan Laz BSM Umat Gandeng UNHCR Salurkan Dana Zakat untuk Pengungsi
Ma'ruf Amin Minta Bank Syariah Indonesia Ikut Kembangkan Dana Wakaf

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami