Bank Syariah Indonesia Jadikan UMKM Salah Satu Fokus Target Pasar

Bank Syariah Indonesia Jadikan UMKM Salah Satu Fokus Target Pasar
BRI Syariah. ©2020 Merdeka.com
UANG | 19 Januari 2021 15:09 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Ketua PMO Merger Bank Syariah Milik BUMN, Hery Gunardi, mengatakan Bank Syariah Indonesia tidak akan 100 persen menjadikan UMKM sebagai segmen andalan. Sebab, dalam menjalankan bisnis perlu juga diversifikasi demi memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.

"Tidak 100 persen (fokus) UMKM karena pada dasarnya bisnis ini kan harus saling mendukung, jangan fokus di satu segmen," kata Hery dalam Webinar Sharia Economic Outlook 2021, Jakarta, Selasa (19/1).

Meski begitu, kata Hery, bukan berarti Bank Syariah Indonesia akan mengesampingkan nasabah UMKM. "Bank Syariah Mandiri dan BRI Syariah ini juga punya unit khusus yang tangani bisnis mikro dan ini akan dibawa," kata dia.

Dia mengungkapkan, sampai akhir 2020, masing-masing bank syariah mendapatkan penempatan dana pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Dari dana tersebut, ketiga bank telah menyalurkan kredit pembiayaan kepada UMKM masing-masing hingga 2,5 kali lipat.

"Kami dapat dana sebesar Rp 3 triliun dan masing-masing menyalurkan 2,5 kali lipat dengan produk KUR syariah," kata dia.

Setelah penggabungan dilakukan, Hery menargetkan tahun ini pertumbuhan kredit dari sektor UMKM naik hingga 25 persen. Produknya pun tidak hanya lewat KUR syariah. Melainkan berbagai jenis produk value chain ke UMKM.

"Bukan hanya KUR syariah tapi value chanin ke UMKM digtal dan plasma inti dengan perkebunan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Bank Syariah Indonesia Akan Miliki...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami