Bank Syariah Indonesia Pilih Buka Cabang di Dubai Dibandingkan Malaysia

Bank Syariah Indonesia Pilih Buka Cabang di Dubai Dibandingkan Malaysia
syariah. shutterstock
UANG | 28 Januari 2021 08:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menargetkan akan mendirikan sejumlah kantor cabang di luar negeri setelah resmi beroperasi pada 1 Februari 2021 mendatang. Salah satu yang dibidik adalah Dubai, Uni Emirat Arab.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi mengatakan, pihaknya tak tutup kemungkinan untuk buka cabang di negara dengan kekuatan perbankan syariah kuat lain semisal Malaysia. Namun, untuk saat ini BSI telah memantapkan komitmen untuk membuka cabang di Dubai yang pasar sukuk globalnya menjanjikan.

"Apakah kita akan memiliki kantor di Malaysia atau tidak, ini sangat tergantung pada kajian. Tapi paling tidak di tahun ini kami sudah punya rencana untuk memiliki red office di Dubai," kata Hery seperti dikutip Kamis (28/1).

"Kenapa kita kejar Dubai dulu karena kita ingin lihat potensi sukuk global. Sukuk global itu cukup potensi, dan itu cukup banyak di sana di Timur Tengah," jelas dia.

Menurut dia, BSI saat ini belum tahu potensi bisnis di Malaysia seperti apa. Namun dia berpendapat potensi syariah di Indonesia sebenarnya masih lebih besar, meski secara tantangan harus kerja lebih keras guna meningkatkan literasi dan inklusi.

"Saya rasa kami belum bisa menjawab apakah kita butuh cabang atau tidak (di Malaysia), tentunya berdasarkan kajian nanti. Karena pembukaan cabang atau perwakilan itu memang deal-nya deal bisnis," ungkap Hery.

Baca Selanjutnya: Penetrasi di Malaysia...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami