Bantu Pemulihan Harga, Kemendag Minta Kementerian Lain Serap Daging Ayam

UANG | 1 Juli 2019 18:33 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti meminta kepada kementerian dan instansi terkait lainnya untuk menyerap pasokan daging ayam ras di tingkat peternak. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menaikkan harga ayam ras potong yang belakangan ini telah anjlok.

"Kita minta kementerian juga menjual di kantor kementerian gitu. Kementerian perdagangan kah, pertanian kah," katanya saat ditemui di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7).

Tjahya mengatakan cara ini bisa dilakukan masing-masing kementerian dengan menggelar bazar di depan kantornya masing-masing. Paling tidak upaya ini bisa dilakukan sampai harga jual ayam di tingkat peternak dapat kembali pulih.

"Tidak pakai anggaran. Kan mereka jualan saja di depan kantor. Kan ini imbauan tergantung dari kementerian itu sendiri kapan melaksanakannya," katanya.

Dia mengklaim, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sendiri sejauh ini sudah lebih dulu menyerap pasokan daging ayam ras di tingkat peternak. Bahkan terhitung sejak minggu lalu, Kemendag sudah menyerap hingga ratusan ekor.

"Kita kemendag setiap Minggu sekali. Mulai Minggu lalu. 200 ekor," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, mengklaim sudah ada kenaikan harga daging ayam potong saat ini. Setelah sempat anjlok, harga ayam potong di tingkat peternak kini naik menjadi Rp17.000 sampai dengan Rp18.000 per kilogram (Kg).

"Sudah naik (harga), di tingkat peternak barusan di Jawa Tengah harga Rp17-18 ribu (per kg). Saya kira semua ada efek psikologisnya," katanya.

Ketut menyebut dampak peningkatan harga ini memang langsung terasa setelah beberapa integrator atau perusahaan peternak besar melakukan pengurangan produksi bibit ayam. "Yang penting peternak saya tidak bangkrut, peternak mandiri loh," imbuhnya.

Baca juga:
Kementan Klaim Harga Daging Ayam Mulai Alami Kenaikan
Naikkan Harga Daging Ayam, Kemendag Siap Serap Produksi Peternak
Kementan Turunkan Satgas Pangan Atasi Anjloknya Harga Ayam
Investigasi Anjloknya Harga Daging Ayam, Satgas Pangan Cek 3 Daerah
TPID Solo Akan Bantu Peternak Stabilkan Harga Ayam
Peternak di Jateng Bagikan 36 Ribu Ayam Karena Kecewa Harga Jual Anjlok

(mdk/idr)