Bantu UMKM, Pemerintah Berencana Terbitkan Surat Utang Khusus

Bantu UMKM, Pemerintah Berencana Terbitkan Surat Utang Khusus
UANG | 6 April 2020 17:37 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-Ma'ruf mempertimbangkan menerbitkan surat utang khusus untuk nasabah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Surat utang tersebut nantinya diberikan bagi pelaku usaha yang mengalami kesulitan likuiditas.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya terus berusaha memberikan stimulus bagi pelaku UMKM agar bisa keluar dari dampak virus corona. Apalagi sektor UMKM menjadi penyelamat saat krisis ekonomi tahun 1998.

"Kami mendukung melalui program ini, yaitu dengan cara pemerintah akan menerbitkan bond yang akan diberikan atau mampu dichannelkan bagi nasabah UMKM existing, atau KPR, atau kredit motor yang sedang mengalami kesulitan," ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, di Jakarta, Senin (6/4).

1 dari 1 halaman

Tambah Likuiditas Pengusaha

pengusaha rev1

Bendahara Negara ini menambahkan, UMKM Bond itu nantinya bisa menambah likuditas pelaku usaha. Dengan tujuan agar tidak terjadi PHK pada pekerja tersebut.

"Kita dapat berikan likuiditas atau walking capital kepada nasabah yang mengalami kesulitan kebutuhan pembiayaan rutin, terutama pembayaran gaji agar PHK bisa dicegah," katanya.

Sejauh ini ini Pemerintah masih melakukan pemetaan UMKM mana yang memenuhi persyaratan untuk dibantu. Pengingat prioritas UMKM bond ini untuk sektor-sektor yang terdampak virus corona.

"Penting uang rakyat diberikan lagi ke rakyat saat mereka butuh. Ini diprioritaskan untuk sektor dan area terdampak," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Sri Mulyani: Dampak Ekonomi Akibat Corona Lebih Kompleks Dibanding Krisis 2008 & 1998
APBN Tengah Tertekan Akibat Virus Corona, Bagaimana Nasib THR dan Gaji ke-13 PNS?
Pesan Penting Sri Mulyani saat Lantik Pejabat Eselon 1 di Tengah Pandemi Corona
Wajib Pajak Bisa Dapat Insentif Secara Online, Begini Caranya
Strategi Pemerintah Antisipasi Penyalahgunaan Perppu Penanganan Corona
Sri Mulyani Serahkan Surpres Perpu untuk Penanganan Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami