Bantuan Tahap I Alat Uji Covid-19 Hingga APD dari Investor China Tiba di Indonesia

Bantuan Tahap I Alat Uji Covid-19 Hingga APD dari Investor China Tiba di Indonesia
Bantuan alat kesehatan dari China tiba di Indonesia. ©Biro Komunikasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi
UANG | 27 Maret 2020 11:14 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Sebanyak 40 ton bantuan alat kesehatan tiba pukul 01.40 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Bantuan tersebut dikirim dari Bandara Pudong, Shanghai China menggunakan pesawat jenis Boeing 777.

Alat medis yang dikirim berupa test kit Covid-19, swab kit, masker N95, dan masker bedah. Tak hanya itu, ada juga alat pelindung diri (APD) seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya.

"Bantuan ini berasal dari investor Tiongkok yang berfokus pada hilirisasi minerba," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono, di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (27/3).

Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui BNPB, rumah sakit, dan jaringan beberapa Fakultas Kedokteran. Agung mengatakan bantuan yang sama juga akan kembali diterima Indonesia dalam minggu ini.

"Selanjutnya minggu ini akan datang lagi yang tahap 2, kami bergerak cepat," ujar Agung.

Bantuan tersebut didatangkan atas kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, BNPB, Bea Cukai, Garuda Indonesia, dan Angkasa Pura II.

Baca Selanjutnya: China Salurkan Bantuan ke Dunia...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami