Bantuan untuk UMKM Disalurkan Lewat Bank Agar Terhubung ke Lembaga Pembiayaan

Bantuan untuk UMKM Disalurkan Lewat Bank Agar Terhubung ke Lembaga Pembiayaan
UANG | 29 Juni 2020 19:33 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 123 triliun disalurkan kepada pelaku UMKM lewat institusi perbankan. Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM terhubung dengan lembaga pembiayaan.

"Supaya semua terhubung ke lembaga pembiayaan agar lebih mudah karena by name by address dan direkam secara digital dan terhubung ke lembaga pembiayaan itu akan lebih mudah," kata Teten dalam video konferensi, Jakarta, Senin (29/6).

Dia mengatakan saat ini masih banyak pelaku UMKM belum terkoneksi dengan lembaga pembiayaan. Baik itu lewat perbankan atau koperasi simpan pinjam dan sejenisnya.

Dalam berbagai studi, kata Teten menyebut pelaku usaha yang terhubung dengan lembaga pembiayaan dan pajak lebih bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Mulai dari pelatihan pengembangan usaha, melakukan pembukuan keuangan sampai mengatur investasi. Sehingga jenis usaha yang dijalani bisa lebih berkembang lagi. Untuk itu Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini meminta berbagai pihak yang terhubung dengan UMKM membantu memberikan pengetahuan dan akses untuk pelaku usaha membuka rekening baik di perbankan atau terdaftar di lembaga pembiayaan.

"Baik perbankan, BPR atau lainnya kita dorong mereka buka rekening dan mengajukan pembiayaan, bisa mengajukan ke bank Himbara," tutupnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Suzuki Carry Pick-Up Kian Dominan Kala Pandemi, Pangsa Pasarnya Naik Jadi 60 Persen
Ekonomi Tak Menentu, Masyarakat Takut Ajukan Pinjaman untuk Modal Usaha
Pemerintah Siapkan Rp318 Triliun untuk Borong Produk UMKM
Gerakan Toko Bersama, Upaya Selamatkan Warung dari Dampak Pandemi
Menteri Teten: UMKM Butuh Perusahaan Besar untuk Rambah Pasar Internasional
Kemendag Beri Pendampingan agar UMKM Rambah Pasar Internasional

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami