Bappenas Minta Dunia Usaha Sediakan Daycare Anak Selama Masa Kenormalan Baru

Bappenas Minta Dunia Usaha Sediakan Daycare Anak Selama Masa Kenormalan Baru
UANG | 17 Juni 2020 20:09 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mendorong dunia usaha menerapkan kebijakan kerja yang ramah keluarga selama masa kenormalan baru. Selain itu, pemberi kerja diharapkan juga bisa menyediakan fasilitas daycare untuk para orang tua.

"Seperti pengaturan jam kerja yang fleksibel dan penyediaan fasilitas daycare bagi anak yang orang tuanya bekerja," kata Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Bappenas, Woro Srihastuti Sulistyaningrum, seperti dikutip dari Antara dalam sebuah seminar daring yang diadakan di Jakarta, Rabu (17/6).

Penerapan kebijakan kerja ramah keluarga diharapkan membuat anak yang tetap berada di rumah tetap bisa mendapatkan pengasuhan yang maksimal. Dunia usaha juga didorong untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja, mendorong pekerja mengakses layanan kesehatan dan mendukung langkah-langkah pelindungan sosial lainnya termasuk deteksi dini kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Sementara itu, orang tua yang bisa bekerja di rumah juga tetap harus melakukan pengasuhan anak yang optimal. Karena itu, perlu disusun kegiatan belajar mengajar virtual yang lebih kepada tambahan keterampilan seperti diskusi berpikir kritis dengan metode menyenangkan dan memberikan stimulus kognitif yang sesuai dengan usia anak.

"Sehingga anak dan orang tua tidak mengalami stres karena perubahan pola pembelajaran anak selama masa pandemi COVID-19," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Masa Depan Anak Turut Terancam...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami