Bayar Bunga Utang, Bumi Resources Tak Bagi Dividen

UANG | 18 Juni 2019 20:13 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bumi Resources memutuskan untuk tidak membagikan dividen kepada seluruh pemegang saham. Laba perusahaan di 2018 akan digunakan untuk membayar bunga utang yang jatuh tempo. Nilainya pun mencapai USD 160 juta.

"Kami bayarkan bunga atas pinjaman yang dilakukan sekitar USD 150 juta sampai USD 160 juta per tahun. Jika tidak ada pembayaran utang ini tentu keuntungan kami akan lebih besar," ujar Direktur PT Bumi Resources, Dileep Srivastava di Jakarta, Senin (18/6).

Untuk tahun ini, perusahaan menyiapkan belanja modal atau capex (capital expenditure) mencapai USD 50 juta hingga USD 60 juta. Anggaran itu akan dialokasikan untuk keberlanjutan usaha dan pemeliharaan, reklamasi, serta penghijauan. Sumber dana akan berasal dari kas internal perusahaan.

"Sumber dananya dari internal, dan didanai dari kapital sendiri. Karena kami tidak pinjam uang. Karena kami sudah menghabiskan sekian banyak untuk infrastruktur selama beberapa tahun terakhir," katanya..

Dengan belanja modal tersebut, pihaknya menargetkan produksi batu bara akan ada di kisaran 88 hingga 90 juta ton sepanjang tahun 2019.

Selain itu, Hasil RUPST kali ini juga menyetujui pengunduran diri Haiyong Yu dari jabatannya sebagai direktur perseroan, RUPST juga menyetujui pengangkatan Yingbin Ian He sebagai penggantinya.

RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali Saptari Hoedaja sebagai presiden direktur, Andrew C. Beckham sebagai direktur, Dileep Srivastava sebagai direktur independen, R.A. Sri Dharmayanti sebagai direktur, dan Nalinkant Amratlal Rathod sebagai presiden komisaris. Semua jabatan itu akan berlaku efektif sejak ditutupnya rapat hari ini sampai RUPST 2024.

Berikut jajaran komisaris dan direksi PT Bumi Resources Tbk terbaru,

Dewan Komisaris:

Presiden Komisaris: Nalinkant Amratlal Rathod

Komisaris Independen: Anton Setianto Soedarsono,

Komisaris Independen: Kanaka Poeradiredja

Komisaris Independen: Y.A Didik Cahyanto

Komisaris: Eddie Junianto Subari

Komisaris: Thomas Myer Kearney

Komisaris: Jinping Ma

Komisaris: Wen Yao

Dewan Direksi:

Presiden Direktur: Saptari Hoedaja

Direktur: Andrew C. Beckham,

Direktur Independen: Dileep Srivastava

Direktur: R.A. Sri Dharmayanti

Direktur: Linjun Zhang

Direktur: Xuefeng Ruan

Direktur: Yingbin Ian He

Baca juga:

BEI Cabut Suspensi Saham Bumi Resources Mineral sebab Sudah Cetak Laba

Perusahaan tambang milik Bakrie raup laba bersih Rp 2 triliun

Perusahaan tambang Bakrie diizinkan tunda bayar utang

Jokowi-JK dilantik, IHSG tembus level 5.000

Ini alasan saham perusahaan tambang Bakrie tak laku dijual

BEI izinkan saham perusahaan Bakrie kembali diperjualbelikan

(mdk/idr)