BCA Kaji Tambahan Fitur Keamanan Pengenalan Wajah di Mobile Banking

UANG | 21 November 2019 16:32 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan bakal terus meningkatkan aspek keamanan bagi pelanggan yang menggunakan mobile banking. Saat ini, BCA sedang menyiapkan fitur baru untuk melengkapi dan meningkatkan keamanan transaksi via mobile banking-nya.

Executive Vice President Digital Innovation Solution BCA, Jayaprawirya Diah, mengatakan saat ini BCA tengah mendalami dan menyiapkan fitur tambahan bagi mobile banking. Fitur tersebut, yakni face recognition.

"Jadi kami, ada kemungkinan kami akan menambahkan fitur yang sekarang kita cukup dalami, terkait face (recognition)," kata dia, di Mini Kafe BCA, Jakarta, Kamis (21/11).

Dia menegaskan, fitur tersebut tidak dimaksudkan untuk menggantikan pin yang selama ini digunakan oleh pengguna mobile banking BCA.

"Sebenarnya ini bukan pengganti tapi pelengkap. Jadi kita lebih melihat dari face ini untuk apa. Ada istilah dalam dunia security ada sign up atau step up. Jadi bukan menggantikan pin ya," jelas dia.

Saat ini, pihak internal BCA sendiri masih mengkaji implementasi fitur tersebut. Karena itu, dia belum dapat memberi jawaban pasti soal skema penggunaan fitur tersebut.

"Ini bisa tambahan. Misalnya nilai (transaksi)-nya kecil, pin saja cukup. Kalau nilai tertentu, ini bisa tergantung usernya, saya ternyata perlu pin dan face," paparnya.

Kehadiran fitur ini diharapkan dapat menambah kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi. Juga untuk dapat mencegah fraud.

"Karena dikaitkan dengan yang tadi fraud detection, kalau misalnya dia (nasabah BCA) behavior-nya tidak seperti pada umumnya, kan mesti beri tambahan security. Lebih ke situ," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Kini Buka Rekening BCA Bisa Lewat Online, Tak Perlu Antre di Bank

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hari ini meluncurkan fitur baru, yaitu buka rekening secara online di BCA mobile. Pembukaan rekening tersebut diharapkan menjadi pilihan bagi nasabah yang tidak sempat berkunjung ke Kantor Cabang BCA untuk melakukan pembukaan rekening.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam acara Peluncuran buka rekening di BCA mobile, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (11/4).

"Digital transformation mendorong perbankan untuk menawarkan efisiensi dan kenyamanan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya nasabah," kata dia.

Dia mengungkapkan, sebelumnya masyarakat dan nasabah yang ingin memiliki dan membuka rekening BCA harus mendatangi Kantor Cabang terdekat dengan membawa sejumlah dokumen.

"Kali ini, melalui aplikasi BCA mobile, pembukaan rekening tersebut semakin mudah, karena nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi BCA mobile dan memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama BCA mobile," ujarnya.

Jahja mengungkapkan, tanpa harus menyambangi kantor cabang BCA terdekat, nasabah dapat menyelesaikan transaksinya hanya dalam genggaman. Walaupun demikian, BCA tidak berhenti berinovasi dalam menciptakan solusi perbankan yang aman dan praktis.

"Kami menyadari waktu menjadi semakin berharga saat ini dan perbankan harus dapat memaksimalkan penggunaan digital untuk mendukung masyarakat dan nasabah agar dapat lebih produktif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan mempermudah buka rekening melalui BCA mobile, sehingga niat untuk memiliki rekening baru atau rekening tambahan dengan tujuan tertentu dapat dilakukan lebih mudah, lebih singkat, kapan, dan di manapun," ujarnya.

Untuk buka rekening di BCA mobile, setelah memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama BCA mobile, nasabah dan calon nasabah akan diarahkan untuk memilih produk rekening BCA. Ada tiga produk tabungan yang bisa dibuka, yaitu Tahapan, Tahapan Gold dan Tahapan Xpresi. Hanya dengan 4 langkah mudah untuk buka rekening, yaitu download BCA mobile, siapkan dokumen & data diri, video call untuk verifikasi data diri, dan setoran awal baik melalui transfer ke rekening maupun setor tunai tanpa kartu di ATM Setar (Setor Tarik) BCA terdekat.

Untuk melakukan video call, nasabah dan calon nasabah hanya membutuhkan kuota internet di jaringan yang stabil dan akan terhubung dengan CSO Halo BCA. Setelah itu proses selanjutnya adalah mengaktifkan mobile dan internet banking BCA, dan pembukaan rekening dinyatakan selesai. Nasabah kemudian dapat melakukan setoran awal agar rekeningnya dapat digunakan untuk bertransaksi.

"Optimalkan digital banking experiences, nasabah dapat sekaligus melakukan setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu dengan BCA mobile. Tak hanya itu, Buka Rekening melalui BCA mobile ini juga mengedepankan cardless, di mana nasabah tidak perlu memiliki kartu fisik untuk bertransaksi. Kemudahan Buka Rekening di BCA mobile tersebut diharapkan dapat menjangkau berbagai kebutuhan transaksi nasabah yang saat ini belum sempat datang ke kantor cabang," ujarnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Temukan Inovasi Finansial, BCA Gelar Finhacks 2019
BCA Tak Khawatir Kalah Saing Oleh OVO dan Dana yang Tawarkan Bebas Biaya Transfer
Gandeng JCB International, BCA Incar Terbitkan 25.000 Kartu Kredit di 2020
BCA Ingatkan Potensi Gangguan di Harbolnas 11.11
Bank BCA Luncurkan Kartu Kredit untuk Nasabah yang Hobi Travelling ke Luar Negeri
Jadi Bank Buku II, BCA Bakal Suntik Bank Royal Sebesar Rp700 Miliar
Bos BCA: 75 Persen Transaksi Keuangan Kini Gunakan Mobile Banking