BCA Sambut Putusan BI Tahan Suku Bunga Acuan Jelang Ramadan

BCA Sambut Putusan BI Tahan Suku Bunga Acuan Jelang Ramadan
UANG | 25 April 2019 18:51 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Direktur Utama Bank Central Asia (BCA), Jahja Setiaatmaja, menyambut baik keputusan Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan di level 6 persen. Keputusan ini dinilai cocok dalam rangka menyambut bulan Ramadan karena berkaitan dengan penyaluran kredit.

"Itu cocok sekali kita mendekati Lebaran pasti kebutuhan likuiditas sangat banyak kredit kita perkirakan dua bulan ke depan meningkat," ujar Jahja di Kempinski, Jakarta, Kamis (25/4).

Seperti diketahui, Rapat Dewan Gubernur (RDG) April 2019 Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6 persen. Selain itu, Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility 6,75 persen.

Jahja mengatakan, jika ada rencana penurunan suku bunga acuan sebaiknya dilakukan setelah Lebaran. Hal ini untuk menjaga likuiditas perbankan. "Karena kebutuhan likuiditas lagi banyak ya. Memang jangan diturunin, kalau mau turunin nanti saja kuartal tiga," jelasnya.

Ke depan, Jahja menambahkan, tidak menutup kemungkinan Bank Indonesia akan menurunkan suku bunga. Apalagi jika bank sentral Amerika Serikat atau The Fed tidak menaikkan suku bunga acuan.

"Kalau nanti likuiditas sudah melonggar, apalagi kalau Amerika turunkan Fed rate baru bisa, syaratnya dua itu dulu. Kalau Amerika flat atau turun likuiditas bertambah ya ada room, kalau tidak begitu ya kita harus memperhatikan situasi dulu," tandas bos BCA tersebut. (mdk/bim)

Baca juga:
BCA Salurkan Kredit Rp 532 Triliun di Kuartal-I 2019
Kuartal I 2019, BCA Catatkan Laba Bersih Tumbuh 10 Persen Menjadi Rp 6,1 Triliun
Tingkatkan Keamanan, Nasabah BCA Diminta Tukar Kartu ATM dan Kredit Berchip
Kini Buka Rekening BCA Bisa Lewat Online, Tak Perlu Antre di Bank
ATM Dibobol, Bank BCA Rugi Rp 300 Juta
Bank BCA: Gara-gara Kata Outsourcing Kami Kesulitan Mencari Tenaga Alih Daya
Mulai 11 Maret 2019, Buka Rekening BCA Bisa Lewat Aplikasi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami