Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 84 Iphone 11 Bermodus Jasa Titip

UANG | 10 Oktober 2019 15:46 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Bea Cukai tipe Madya Pabean Juanda menggagalkan penyelundupan barang berkategori mewah yang menggunakan modus jasa titip alias jastip. Setidaknya, 84 buah handphone merek Iphone 11 disita dari orang-orang yang menjadi jasa titip.

"Jumlah ini hasil tindakan yang dilakukan mulai 24 September 2019 hingga 7 Oktober 2019. Ini diamankan dari salah satu penumpang yang melakukan jasa titip untuk memasukkan handphone yang saat ini Iphone 11 belum ada di Indonesia," jelas Kepala Kanwil DJBC Jatim M Purwantoro, Kamis (10/10).

Dia menambahkan, modus yang dilakukan pelaku ini cukup banyak seperti memisahkan box dengan Handphone (HP) tersebut. Dan menggunakan jasa titip melalui orang lain. Tujuannya, untuk menghindari pajak barang mewah.

Kondisi ini terbongkar setelah petugas bea cukai menemukan adanya kejanggalan saat melewati mesin xray. "Modus ini yang kami temukan, mereka memisahkan HP dan boxnya yang dibawa dua orang berbeda," ucap Purwantoro.

Handphone Iphone 11 yang diamankan ini diperoleh dari penumpang usai dari Hong Kong dan Singapura. Ini dikarenakan Iphone 11 sudah dipasarkan di Hong Kong dan Singapura.

Dengan kejadian ini bea cukai Juanda pun mengantisipasi adanya jasa yang berusaha menerima jasa titipan barang-barang mewah dengan nilai tinggi. "Petugas sudah mengantisipasi untuk mengamankan adanya upaya memasukkan barang mewah dari luar negeri dengan modus jastip," ucapnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Bea Cukai Ungkap Penyebab Harga Barang dari China Lebih Murah
Impor Baju Bekas Paling Banyak dari Malaysia dan Singapura
Tak Layak Jadi Mobil Dinas, 169 Subaru Akhirnya Dilelang
VIDEO: Bea Cukai Ciduk 422 Pelaku Jastip Nakal yang Rugikan Negara Rp4 M
Tips Usaha Jastip agar Barang Belanjaan Tak Disita Bea Cukai
Bea Cukai Sita Iphone 11 dari Pelaku Jastip Nakal, Begini Modusnya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.