Begini Cara Beli Paket Umrah Lewat Tokopedia

UANG | 27 November 2019 18:24 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Tokopedia secara resmi meluncurkan Tokopedia Umroh, yang merupakan bagian dari ekosistem Tokopedia Salam. Dengan adanya layanan ini, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah untuk menunaikan ibadah umrah.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan, saat ini sudah cukup banyak paket umroh yang tersedia di platform-nya. Tercatat sekitar 100 paket umroh yang saat ini aktif.

"100 paket umroh yang aktif jadi segera keberangkatan dapat dimulai dari beberapa bulan ke depan. Paket promo macam-macam mulai dari harga good value, medium, sampai bintang lima semuanya. Jadi range harga sudah sangat luas," ujar dia, di Jakarta, Rabu (27/11).

"Paket umroh ini pun ada dua tipe, khusus pergi ke Arab Saudi juga mampir-mampir, pelesir ke beberapa negara lain sebelum atau sesudah sampai di Saudi Arabia. Jadi tipe paketnya sudah dan waktu untuk berangkat sudah beragam," tambah dia.

1 dari 2 halaman

Cara Akses Tokopedia Umroh

Mula-mula calon jemaah perlu masuk dalam website atau aplikasi Tokopedia. Selanjutnya calon jemaah langsung saja memilih fitur 'Tokopedia Salam'. Setelah masuk calon jemaah perlu memilih fitur 'Tokopedia Umroh' yang juga sudah tersedia.

Setelah masuk di halaman Tokopedia Umroh, calon jemaah bisa langsung mencari paket umroh yang diinginkan. Calon jemaah juga dapat mencari paket umroh dengan memasukkan bulan keberangkatan, range harga paket, dan kota keberangkatan.

Selain itu, calon jemaah juga dapat melihat daftar paket-paket umroh yang ditawarkan, dalam kategori 'Paket umroh pilihan', 'Paket umroh diskon', dan 'Paket umroh Termurah terbaik'. Selanjutnya calon jemaah bisa memesan paket umroh yang diinginkan.

Selain paket yang beragam, Tokopedia Umroh juga memungkinkan para calon jemaah untuk mencicil biaya perjalanannya. Dengan demikian dapat membantu mereka yang tidak punya dana cukup untuk membeli paket dalam sekali bayar.

"Kita juga punya fitur yaitu bisa dicicil biaya. Tanpa bunga sehingga tanpa riba. Di mana calon jemaah bisa berangkat nggak harus bayar full price. Misalnya satu tiket Rp 20 juta kan berat sekali. Tokopedia umroh itu bisa dicicil tiga bulan sampai enam bulan sebelum berangkat bisa dicicil sampai setelah lunas baru berangkat," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Agen Perjalanan

Travel agent yang mejeng di Tokopedia Umroh pun dipastikan resmi karena mengantongi izin dari Kementerian Agama. Pihaknya juga memastikan uang calon jemaah akan dikembalikan jika travel agent melakukan pembatalan.

"Kita memilih partner yang bisa menjamin mereka bisa memberangkatkan jemaahnya. Jadi bila memang ada pembatalan yang dilakukan oleh travel agent, kita akan mengembalikan dana kepada jemaah," tegas dia.

Dia mengatakan, tujuan peluncuran Tokopedia Umroh tak lain untuk membantu dan memudahkan masyarakat yang hendak berangkat umroh. Nantinya, dana yang disalurkan oleh calon jemaah tidak bakal disimpan di Tokopedia. Tapi langsung disalurkan ke travel agent yang paket umrohnya dibeli.

"Ada aturan dari negara, fokus kita adalah di market place. Uang yang masuk langsung pass through nggak tunggu tunggu. Kalau misalnya kita sudah berpartner dengan bank Syariah seperti, Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah yang mana setiap travel agent sendiri punya rekening di bank syariah yang ditunjuk. Sehingga uang itu ke Tokopedia kita berikan ke rekening travel agent," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Tokopedia Resmi Luncurkan Layanan Umrah, Berikut Fasilitasnya
Layani Penerbangan Umroh, Citilink Datangkan 3 Pesawat A330 di 2020
VIDEO: Cerita Driver GrabCar Kena Prank Sebelum Dapat Hadiah Umrah Gratis
Kisah Haru Henri, Driver GrabCar Dapat Hadiah Umrah Bersama Istri
Grab dan Umroh.com Terbangkan 37 Pengemudi GrabCar Umrah dan Liburan ke Turki
Jaksa Agung Tegaskan Aset First Travel Seharusnya Dikembalikan ke Korban

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.