Begini Cara BKN Awasi PNS Agar Tak Mudik saat Penerapan Kerja dari Rumah

Begini Cara BKN Awasi PNS Agar Tak Mudik saat Penerapan Kerja dari Rumah
UANG | 12 April 2020 13:04 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pemerintah terus memperketat pengawasan bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil yang saat ini melakukan work from home (WFH) atau kerja dari rumah. Beberapa PNS setiap harinya diwajibkan untuk mengabarkan lokasi terkini untuk memastikan mereka tidak mudik ke kampung halaman.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan, tindakan tersebut dilakukan untuk memastikan setiap PNS tetap berada di rumah dan tidak bepergian. Apalagi sampai ada yang memanfaatkan momen bekerja di rumah untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Saat ini pegawai yang WFH untuk di BKN diwajibkan untuk share location, untuk pengawasan implementasi surat edaran MenPAN-RB," kata dia saat dihubungi merdeka.com, Minggu (12/4).

Dia menjelaskan setiap atasan memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk mengawasi staf di bawahnya. Jika ada yang melanggar maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan Surat Edaran nomor 41 tahun 2020 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan atau Kegiatan Mudik bagi Aparatur Sipil Negara.

"Jika ada yang melanggar, maka dikenakan sanksi hukuman disiplin sesuai PP 53/2010 untuk PNS dan PP 49/2018 untuk P3K," tandas dia.

Baca Selanjutnya: Surat Edaran...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami