Begini Cara Industri Ajukan Izin Operasi saat PSBB

Begini Cara Industri Ajukan Izin Operasi saat PSBB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia
UANG | 10 April 2020 15:29 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian melansir teknis dan langkah pengajuan surat izin operasional industri saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pada prinsipnya, pengajuan izin harus mengisi formulir dengan mengakses portal SIINas.

Setelah masuk ke akun SIINas, klik 'e-Services', pilih 'Izin Operasional' dan mobilitas, isi form yang tampil di layar, dilanjutkan dengan klik 'Simpan' dan setelah permohonan divalidasi oleh sistem, perusahaan dapat mencetak Surat Keterangan dengan mengklik 'Cetak'.

"Apabila terdapat ketidaksesuaian antara data yang disampaikan dengan kondisi yang sebenarnya, Kementerian Perindustrian dapat mencabut Surat Keterangan yang sudah terbit. Izin berupa surat keterangan untuk operasional dan mobilitas kegiatan industri berlaku selama masa kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Jumat (10/4).

Agus menambahkan, nanti dokumen izin berupa surat keterangan untuk operasional mobilitas kegiatan industri dilengkapi dengan QR Code, untuk membuktikan keabsahan dari dokumen izin tersebut dapat dilakukan dengan menscan QR Code yang terletak pada pojok kiri bawah dokumen izin.

Perusahaan industri mengalami kendala teknis saat mengajukan permohonan perizinan kegiatan, dapat menghubungi helpdesk SIINas untuk menyampaikan permasalahannya.

Baca Selanjutnya: Industri Diharap Beri Kontribusi Ekonomi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami