Berani Berubah: Strategi Menyelamatkan Bisnis Busana Muslim

Berani Berubah: Strategi Menyelamatkan Bisnis Busana Muslim
Toko Baju Muslim di Tasikmalaya. istimewa
UANG | 17 Mei 2021 07:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Rofikoh mengubah teknik berjualan sejak pandemi Covid-19 tersebar di Indonesia. Dengan berjualan online, toko maju muslim dan mukena milik Rofikoh menjadi lebih laris. Tak hanya menyelamatkan usahanya, Rofikoh juga berhasil menyelamatkan karyawannya.

Sebelum adanya pandemi, Rofikoh berjualan baju muslim dan mukena melalui toko miliknya di Tasikmalaya. Dia juga menyuplai baju muslim dan mukena di beberapa toko di Tanah Abang. Biasanya Rofikoh menjual baju muslim dengan harga yang bervariasi.

toko baju muslim di tasikmalaya
istimewa

"Kalau harga grosir ada harganya, anak yang dari Rp1 juta sampai Rp1.400.000. Kalau dewasa dari Rp1.300.000 sampai Rp1.900.000 per kodi," kata Rofikoh.

Namun usaha Rofikoh yang sudah dibangun sejak 2002 semakin menurun pada Maret 2020. Omsetnya turun hingga 90 persen. Rofikoh terpaksa merumahkan sementara karyawannya, untuk menekan biaya produksi.

Beberapa karung berisi baju muslim yang siap dikirim ke Tanah Abang juga terjeda pengirimannya. Alhasil, pendapatan Rofikoh semakin berkurang.

toko baju muslim di tasikmalaya
istimewa

Anak dari Rofikoh kemudian menemukan ide untuk menjual baju muslim dan mukena melalui media sosial. Awalnya sempat meragukan, namun ide tersebut ternyata berhasil.

Pembeli baju muslim dan mukena kini tidak hanya dari Tasikmalaya, tetapi juga dari beberapa kota lainnya, termasuk Jakarta.

toko baju muslim di tasikmalaya
istimewa

"Alhamdulillah sedikit-sedikit bisa gitu, bisa produksi lagi. Karyawan yang dirumahkan sebagian sudah mulai dipekerjakan lagi," kata Rofikoh. (mdk/lia)

Baca juga:
VIDEO: Berani Berubah ala Masjid Al-Azhar
Berani Berubah: Cara Baru Bagi Takjil Ala Masjid Al-Azhar
Berani Berubah: Kisah Petani Kolang Kaling Hadapi Pandemi
VIDEO: Siasat Petani Kolang Kaling Selama Pandemi
VIDEO: Terobosan Pengusaha Katering di Masa Pandemi
Berani Berubah: Berkah Pandemi dari Katering dan Mengajar Online
VIDEO: Berani Berubah Jadi Pebisnis Sayur Delivery

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami