Bergelimang Harta, Miliarder Ini Terkenal Hidup Sederhana

UANG | 6 Januari 2019 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Apa yang akan Anda lakukan jika menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan harta ratusan triliun? Mungkin Anda membayangkan gaya hidup yang mewah. Namun, ini tidak berlaku bagi seorang Warren Buffett.

Dikenal sebagai 'penyihir dari Omaha', Buffett memiliki kekayaan senilai USD 89,6 miliar atau Rp 1.324,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.785 per dolar AS). Siapa sangka, orang terkaya ketiga di dunia ini mempunyai gaya hidup yang sederhana.

Buffett menggunakan dompet yang sama selama 20 tahun dan bahkan masih menggunakan flip phone Nokia. Namun, ini bukan berarti CEO Berkshire Hathaway tersebut merupakan orang yang pelit.

Malah, Buffett dikenal sebagai salah satu miliarder yang paling sering beramal. Mengutip Business Insider, ini 4 bukti Buffett jalankan gaya hidup irit walaupun memiliki harta berlimpah.

Sarapan murah

Dalam perjalannya menuju kantor, Buffett selalu mampir ke McDonald’s dan memesan satu dari tiga menu: dua roti sosis, telur dan keju, atau bacon, telur, dan keju.

Buffett tidak pernah mengeluarkan lebih dari USD 3,17 (Rp 46,8 ribu) untuk makan paginya. Pada hari-hari lain saat ia tidak membeli McDonald’s, Buffett lebih suka makan Oreo untuk sarapan.

Tidak pindah rumah sejak 1958

Bagaimana bentuk rumah Warren Buffett? Anda mungkin membayangkan seorang miliarder sekelas Buffett akan memiliki rumah besar nan megah. Nyatanya, rumah Buffett nampak sederhana untuk seseorang dengan harta miliaran dolar.

Buffett tinggal di rumah yang sama selama lebih dari setengah abad. Rumah 5 kamar tersebut ia beli pada 1958 seharga USD 31,5 ribu atau setara dengan USD 275 ribu (Rp 4 miliar) saat ini. Buffett pun tidak memiliki keinginan untuk menjualnya dalam waktu dekat.

Jarang ganti mobil

Dalam sebuah dokumenter BBC, putri Buffett mengatakan ayahnya lebih memilih untuk membeli mobil dengan harga yang lebih murah, misalnya mobil bekas dengan beberapa kerusakan.

Mobil tersebut kemudian diperbaiki dan digunakan oleh Buffett. Ia juga sangat jarang mengganti mobilnya kecuali mobil tersebut benar-benar rusak.

"Saya hanya berkendara sekitar 3,5 ribu mil (5 ribu kilometer) setahun. Jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," jelas Buffett kepada Forbes.

Punya hobi yang sederhana

Banyak miliarder memiliki hobi yang unik. Bahkan sebagian dari mereka memiliki hobi yang hanya bisa dilakukan orang kaya.

Namun hobi Buffett ternyata sangat sederhana, yaitu bermain kartu. Ia malahan menyebut dirinya kecanduan bridge dan bisa bermain hingga 12 jam seminggu.

Selain bermain bridge, Buffett juga biasanya bermain ukulele dan bernyanyi di waktu luang.

Reporter: Felicia Margaretha
Sumber: Liputan6 (mdk/azz)

Baca juga:
Saham Apple Terjun Bebas, Warren Buffett Kehilangan Duit Rp 40,37 Triliun
Harta Pendiri Alibaba Menguap Rp 37,5 Triliun di 2018
Daftar 5 Negara Paling Banyak Cetak Orang Kaya
Orang Terkaya Dunia Masih Cuci Piring Sendiri, Ini Sebabnya
5 Cerita Tak Terduga Kehidupan Elon Musk Sang Pemilik Tesla dan Orang Terkaya Dunia
Mampu Bagi-bagi Kado Natal ke Anak-anak Seluruh Dunia, Seberapa Kaya Santa?
Miliarder Ini Jadi Dermawan Berkat Dorongan Sang Ibu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.