Beri Diskon Tiket Pesawat, Pemerintah Harap Jumlah Penumpang Naik 20 Persen

Beri Diskon Tiket Pesawat, Pemerintah Harap Jumlah Penumpang Naik 20 Persen
UANG | 26 Februari 2020 12:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyatakan pemberian insentif tiket pesawat akan berpengaruh dalam menggenjot pariwisata Indonesia imbas virus Corona. Dia menyebutkan, setidaknya diharapkan akan ada kenaikan pergerakan penumpang pesawat hingga 20 persen.

"Kita kan beri (diskon) kesempatan 25 persen atas kapasitas seat (tempat duduk pesawat). Dari situ mereka bisa menambal paling tidak 20 persen," ujar Menhub Budi di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (26/02).

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif diskon hingga 50 persen untuk porsi 25 persen kursi penerbangan dengan tujuan ke-10 destinasi. Khusus untuk meningkatkan tingkat kepergian wisatawan domestik.

Menhub Budi melanjutkan, pemberian insentif ini bakal dimulai pada 1 Maret mendatang dan berlaku 3 bulan. Namun, belum dapat dipastikan apakah insentif ini akan berlaku saat Lebaran 2020 atau tidak.

"Kita berikan kesempatan (diskon tiket pesawat) pada dasarnya, ya, 3 bulan dulu. Kalau situasi sudah recover (dari Corona), ya sudah. Kalau belum, ya kita pertimbangkan untuk diperpanjang," ujar Menhub mengakhiri.

1 dari 1 halaman

Gelontorkan Rp443,9 Miliar

miliar rev1

Pemerintah akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk harga tiket pesawat ke 10 destinasi wisata di Indonesia. Potongan harga ini diberikan untuk meningkatkan pariwisata yang kini merosot akibat wabah virus corona.

Adapun diskon tersebut berlaku untuk wisatawan domestik yang ingin bepergian ke Yogyakarta, Labuan Bajo, Danau Toba, Bangka Belitung, Batam, Bintan, Manado, Bali, Malang, dan Mandalika. Pemerintah telah menganggarkan Rp443,9 miliar untuk memberikan diskon tiket pesawat.

"Untuk wisatawan dalam negeri akan diberikan Rp443,39 miliar insentif dalam bentuk diskon 30 persen potongan harga tiket untuk 25 persen seat (jumlah kursi) per pesawat yang menuju 10 destinasi wisata," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Atasi Dampak Virus Corona, LIPI Dorong Pemerintah Sebar Travel Fair di Dunia
Ini Daftar Lengkap Negara-Negara di Dunia yang Sudah Dimasuki Virus Corona
Sejumlah Negara di Eropa Terpapar Virus Corona dari Italia
Ada Virus Corona, LIPI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Hanya 4,84 Persen
Cegah Virus Corona, Benarkah Korea Utara Karantina 380 Warga Asing?
Aktivitas Warga Iran di Tengah Merebaknya Wabah Corona
Tangkal Dampak Virus Corona, Tiket Pesawat Didiskon 30 Persen Sampai April 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami