Berikut Cara Jitu Jadi Kaya Lewat Youtube

UANG | 1 Oktober 2019 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mendapatkan uang dari YouTube sudah menjadi praktik umum kalangan milenial saat ini. Sebab, keuntungan sebagai seorang Youtuber memang belakangan sangat menggiurkan.

Itulah mengapa beberapa tahun belakangan ini banyak vlogger (pelaku video blogging) bermunculan di Indonesia. Bukan hanya popularitas yang mereka dapat, namun juga penghasilan dalam jumlah yang fantastis dari media sosial berbagi konten video ini.

Seperti yang diketahui setiap pembuat konten menghasilkan jumlah uang yang berbeda. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat membantu pembuat konten dalam meningkatkan pendapatan.

Pembuat konten sendiri memiliki hak untuk menempatkan iklan di dalam video yang mereka buat melalui YouTube's Partner Program. Nantinya iklan ini akan disaring oleh Google.

Pembuat konten akan dibayar dalam jumlah tertentu berdasarkan faktor-faktor seperti waktu dalam menonton video, durasi video, dan demografis viewers.

Dilansir dari Business Insider, salah satu pembuat konten di YouTube mengatakan bahwa durasi sebuah video menentukan pendapatan. Terlebih jika durasi video melebihi 10 menit, maka pendapatan pun akan lebih besar. Hal tersebut karena pembuat konten dapat menempatkan banyak iklan.

Selain itu pembuat konten Youtube dapat menghasilkan sejumlah uang berdasarkan tingkat CPM (Cost Per Mille) atau biaya per 1.000 viewers. Tetapi tarif CPM bervariasi antar pembuat konten dan tidak ada pembuat konten yang menerima tarif CPM yang sama. Tarif dapat berubah berdasarkan jenis video, penempatan iklan, dan jenis penonton.

Reporter: Chrismonica

Sumber: Liputan6

1 dari 2 halaman

Tips Lainnya

1. Video unik dan menarik

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka Anda harus mengunggah konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

2. Unggah video orisinil

Anda juga harus mengunggah video orisinil sebanyak-banyaknya, karena besar kecilnya penghasilan yang akan Anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh jumlah penonton video. Nah, banyak tidaknya penonton Anda juga sangat dipengaruhi oleh kualitas dan jumlah video yang diunggah ke channel YouTube Anda.

3. Google Adsense

Untuk menghasilkan uang dari YouTube, Anda harus mengaitkan akun YouTube Anda dengan Google Adsense sehingga video Anda bisa menampilkan iklan. Jika video dan penonton video Anda sudah cukup banyak, baru kaitkan dengan Google Adsense agar peluang diterima semakin baik.

4. Judul video yang banyak dicari

Ada teknik tersendiri yang harus Anda lakukan agar video mendapatkan penonton yang banyak. Salah satu caranya adalah membuat video dengan kata kunci yang banyak dicari, tujuannya agar video Anda memiliki kesempatan untuk dilihat. Judul video yang membuat orang penasaran biasanya juga berhasil menarik penonton.

5. Konten berkualitas dan subscriber yang banyak

Agar banyak penonton mampir ke video Anda, maka yang harus Anda lakukan tentunya menyajikan video yang berkualitas, bukan yang asal-asalan. Konten video yang baik akan membuat penonton menjadi pelanggan atau subcriber video Anda, sehingga setiap kali Anda menerbitkan video baru, mereka akan langsung mendapatkan informasi dan menontonnya.

2 dari 2 halaman

Bocah 6 Tahun Beli Rumah Seharga Rp112 Miliar Berkat Youtube

Youtuber berusia enam tahun asal Korea Selatan dikabarkan membeli rumah seharga 9,5 miliar won atau Rp112,8 miliar (1 won = Rp11,8). Rumah berlantai lima itu berada di kawasan Gangnam yang merupakan lokasi premium di Seoul.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (2/8/2019), gadis bernama Boram itu memiliki 30 juta subscriber di kanal YouTube miliknya. Dia terkenal di dua kanalnya karena me-review mainan dan menampilkan kegiatan menarik ala petualangan.

Boram TV Vlog memiliki 17 juta subscriber dan Boram Tube ToysReview punya 13 juta subscriber. Orang tua Boram mendirikan Boram Family Company untuk mengurus karier putri mereka.

Salah satu video YouTuber cilik itu yang berisi nyanyian anak ditonton 7,3 juta kali dalam waktu seminggu. Video lainnya yang memasak mie instan sudah ditonton 379 juta kali.

Di samping mendapat uang dari iklan, Youtuber cilik itu juga mendapat uang dari perusahaan sponsor. Ini mirip dengan RyanToysReview yang menampilkan bocah berusia tujuh tahun bernama Ryan Kaji dan meraup USD 22 juta tahun lalu.

(mdk/bim)

Baca juga:
Banyak Akun Youtube Kena Retas, Ini Cara Hacker Membobolnya!
YouTube Ubah Algoritma Penghitungan Jumlah Penonton Video
Peluncuran iPhone 11 Disiarkan Lewat YouTube
Wanita Cantik Pembelot Korea Utara Ini Jadi YouTuber
YouTube Dilaporkan Kena Denda Rp2 Triliun, Kenapa?
PewDiePie Jadi Youtuber Pertama Dengan 100 Juta Subscriber
Youtube Tutup 210 Akun Penyebar Hoaks Demo Hong Kong

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.