BI Catat Dana Asing Masuk Indonesia Tembus Rp120 Triliun Hingga 20 Juni

UANG | 20 Juni 2019 18:26 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana modal asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia secara year to date (ytd) per 20 Juni telah mencapai Rp120,4 triliun.

ÔÇťAliran dana asing ytd adalah Rp120,4 triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, di Kantornya, Kamis (20/6).

Perry menyebutkan, inflow tersebut tercatat masuk melalui berbagai instrumen pasar keuangan seperti Surat Berharga Negara (SBN) serta Surat Utang Negara (SUN) sebesar Rp69,1 triliun.

Selain itu juga masuk melalui instrumen pasar saham sebesar Rp57,5 triliun, sisanya disalurkan melalui Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Dia menegaskan aliran modal masuk yang cukup besar tersebut merupakan cerminan dari masih tingginya kepercayaan investor terhadap pasar Indonesia.

"Secara keseluruhan sejalan dengan yang disampaikan bahwa persepsi positif terhadap ekonomi indonesia dan daya tarik investasi Indonesia menarik inflow ke Indonesia," ujarnya.

Dengan itu, Perry mengaku optimis kepercayaan investor masih akan terus terjaga dan meningkat serta dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional. Hal tersebut juga tercermin dari peningkatan sovereign rating Indonesia oleh Standard and Poor's (S&P) Indonesia.

Baca juga:
Perang Dagang Hambat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II
Bos BI: Ketegangan Perang Dagang Perlambat Pertumbuhan Ekonomi Sejumlah Negara
BI Tahan Bunga Acuan 6 Persen
Jaga Likuiditas, Bank Indonesia Turunkan GWM Perbankan Mulai Juli 2019
BI: Rupiah Melemah 0,18 Persen Selama Mei 2019
Juni 2019, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Bertahan di 6 Persen

(mdk/idr)