BI Prediksi Inflasi Desember Capai 0,55 Persen, Terendah Dalam 5 Tahun

BI Prediksi Inflasi Desember Capai 0,55 Persen, Terendah Dalam 5 Tahun
UANG | 27 Desember 2019 14:44 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada minggu keempat Desember 2019 menunjukkan angka inflasi sebesar 0,55 persen secara month to month (mtm). Sementara secara tahunan inflasi tercatat sebesar 2,93 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebutkan angka inflasi kali ini lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya di mana akhir tahun merupakan momen terjadi lonjakan harga sebab ada hari raya dan menjelang tahun baru. Namun rupanya inflasi dapat terkendali.

"Jadi seperti kami sampaikan, ini di bawah rata-rata historis 5 tahun yang 0,58 persen. Dan Alhamdulillah ini di bawah 3 persen. Karena perkiraan kami sebelumnya 3,1 persen," kata dia di Masjid BI, Jakarta, Jumat (27/12).

Dia menjelaskan, inflasi kali ini disumbang oleh tarif angkutan udara yakni sebesar 0,07 persen. Diikuti oleh telur ayam sebesar 0,08 persen, bawang merah 0,08 persen.

Namun, ada beberapa komoditi yang justru menyumbang deflasi. Yaitu beberapa jenis cabai. "Sementara yang deflasi cabai merah 0,05 persen, cabai rawit 0,02 persen," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Tarif Listrik Kerek Inflasi...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami