BI Ramal Kredit Bank Meningkat di Kuartal IV 2019

UANG | 16 Oktober 2019 10:26 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan triwulanan kredit baru melambat pada triwulan III-2019. Bank sentral memprakirakan pertumbuhan kredit bank kembali meningkat pada triwulan IV-2019.

"Perkembangan tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada triwulan III-2019 sebesar 68,3 persen, lebih rendah dibandingkan 78,3 persen pada triwulan sebelumnya," tulis BI dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (16/10).

Berdasarkan jenis penggunaan, perlambatan tersebut terutama bersumber dari kredit investasi dan kredit konsumsi. Sementara itu, pada triwulan IV-2019 pertumbuhan kredit baru diprakirakan meningkat, didorong oleh optimisme terhadap kondisi moneter dan ekonomi yang menguat dan juga risiko penyaluran kredit yang relatif terjaga.

Sejalan dengan prakiraan meningkatnya pertumbuhan kredit baru, kebijakan penyaluran kredit pada triwulan IV-2019 diprakirakan lebih longgar, terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 11,8 persen, sedikit lebih rendah dibandingkan 12,0 persen pada triwulan sebelumnya.

"Pelonggaran standar penyaluran kredit terutama akan dilakukan terhadap kredit kepemilikan rumah/apartemen, kredit investasi, dan kredit UMKM, dengan aspek kebijakan penyaluran kredit yang akan diperlonggar antara lain plafon kredit, suku bunga, dan agunan."

Hasil survei mengindikasikan perlambatan pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2019. Kredit bank diprakirakan tumbuh 9,7 persen (yoy), atau lebih rendah dibandingkan dengan prakiraan triwulan sebelumnya maupun dengan realisasi tahun sebelumnya.

Baca juga:
Gandeng Iovation, CredoLab Dukung Industri Keuangan RI Perangi Penipuan Kredit
LPS Kembali Turunkan Bunga Penjaminan Sebesar 25 Bps
Bank Mandiri Optimis Capai Target Penyaluran Kredit 2019
Menteri Susi Sindir Bank: Bunga Kredit ke Perusahaan Lebih Kecil Dibanding ke UMKM
Bank BNI Pangkas Target Pertumbuhan Kredit
Bank Mandiri Bakal Salurkan Pinjaman Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru
Suku Bunga BI Turun, Pengusaha Dorong Perbankan Sesuaikan Bunga Pinjaman

(mdk/bim)