Bidik Indonesia Timur, AirAsia Bakal Buka Rute Penerbangan ke Sorong

UANG | 24 Juni 2019 19:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan menegaskan, komitmen pihaknya untuk memperluas rute domestik, termasuk ke rute yang dianggap 'kurus'. Saat ini, kata dia, AirAsia tengah menjajaki penerbangan ke Sorong, Papua Barat.

Dia mengatakan pada tahun ini, pihaknya menyasar tiga wilayah di Indonesia Timur. Sejauh ini pihaknya sudah membuka rute penerbangan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Lombok, Labuan Bajo, dan Sorong. Lombok sudah kami realisasikan, Labuan Bajo hari ini kami sudah launching. Sorong sudah kami diskusikan. Yang sudah menjadi kenyataan, Lombok dan Labuan Bajo," kata dia, di Jakarta, Senin (24/6).

Dia menjelaskan, tahun ini AirAsia menargetkan tambahan 7 rute domestik dari sebelumnya 10 rute. Hari ini, AirAsia telah menambah 5 rute sehingga tersisa 2 rute lagi. Meskipun demikian, dia belum menyampaikan secara pasti rute-rute tersebut.

"Memang kita prediksikan di akhir tahun dari 10 rute itu menjadi 17 rute domestik. Jadi tambah rute. Kita launching Jakarta-Lombok, kemudian Bali-Labuan Bajo, Lombok-Yogyakarta, Bali-Lombok, dan Surabaya-Kertajati," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama dia pun turut menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyatakan bakal memberikan akses pada maskapainya untuk mengembangkan rute domestik.

"Pernyataan Pak Luhut kita apresiasi. AirAsia akan dibantu untuk diberikan kemudahan dalam mendapatkan izin untuk terbang di rute domestik, tentu bukan hanya di rute gemuk tapi di rute kurang gemuk," jelas dia.

"Kami masih menunggu ada beberapa rute domestik yang sedang proses. tentunya kami sedang menunggu izinnya keluar baru nanti bisa sampaikan," tandasnya.

Baca juga:
AirAsia Buka 5 Rute Penerbangan Domestik Baru
Bos AirAsia Soal Penurunan Harga Tiket Pesawat LCC: Kami Sudah Murah
AirAsia Bantah Anggapan Iklim Usaha Penerbangan RI Tak Menarik
Mulai 1 Juli, Lion Air Layani 10 Rute Penerbangan dari Bandara Kertajati
Pesawat Skydiving Jatuh di Hawaii, 9 Orang Tewas
Ini Sanksi untuk Auditor Garuda Indonesia Jika Terbukti Lakukan Klaim Pendapatan

(mdk/azz)