Bio Farma Ingatkan Vaksinasi Covid-19 Butuh Anggaran Besar

Bio Farma Ingatkan Vaksinasi Covid-19 Butuh Anggaran Besar
Jokowi di Bio Farma. ©2020 Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
UANG | 5 Oktober 2020 15:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir, mengatakan perseroan membutuhkan anggaran besar dalam menjalankan program vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini, kata Honesti, akan dilakukan tahun depan.

Dia memperkirakan Indonesia perlu melakukan vaksinasi kepada 170 juta penduduk atau 70 persen dari total penduduk sesuai dengan petunjuk WHO untuk bisa mencapai herd immunity.

"Pada saat vaksin covid ini akan diproduksi, memang kita butuh biaya yang cukup besar karena pengadaan vaksin itu dari pembelian bahan baku sampai produksi," kata Honesti dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI, Senin (5/10).

"Asumsi kami, kalau kita butuh 340 juta dosis itu harus dilakukan programnya, diasumsikan, saya tidak katakan harga seperti ini, katakanlah butuh Rp200.000 satu dosis, artinya (kalau) dua dosis Rp 400.000 untuk melakukan pengadaan program vaksinasi," sambung dia.

Terkait hal ini, Honesti mengaku tengah mendiskusikannya dengan pemerintah. Maka, dalam kesempatan RDP ini, Honesti meminta restu kepada Komisi VI untuk mendukung dan melancarkan program vaksinasi massal ini.

Baca Selanjutnya: BUMN Farmasi Garda Terdepan Saat...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami